Kompas.com - 19/01/2014, 19:52 WIB
Ilustrasi Bitcoin AFPIlustrasi Bitcoin
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Beberapa orang mungkin masih asing dengan bitcoin karena ketiadaan bentuk riil dan cara kerja yang mengandalkan software dan koneksi internet dari mata uang digital itu.

Para pengguna awal memanfaatkan bitcoin dengan berbagai rupa. Beberapa di antaranya sudah menjadi kisah "legendaris" di kalang penggiat bitcoin.

Dari Pizza ke Kaus Kaki

Gavin Andresen, misalnya, adalah seorang pengembang kode di New England. Di masa awal bitcoin, ia membeli 10.000 bitcoin dengan nilai 50 dollar AS. Kemudian, melalui situs Bitcoin Faucet, Andresen membagi-bagikan bitcoin.

Laszlo Hanyecz, programer asal Florida, melakukan sebuah transaksi yang dipercaya sebagai transaksi fisik pertama bitcoin. Ia menggunakan 10.000 bitcoin untuk membeli pizza.

Apa yang dilakukan Hanyecz cukup rumit. Ia mengirimkan bitcoin ke seorang relawan di Inggris, yang kemudian memesan pizza untuk Hanyecz dan membayarnya lewat kartu kredit.

Salah satu benda pertama yang sungguh-sungguh bisa dibeli lewat bitcoin adalah kaus kaki. Ini dilakukan oleh David Forster, seorang pemilik lahan pertanian, yang menerima bitcoin untuk penjualan kaus kaki Alpaca (hewan yang bulunya bisa dijadikan kain).

Untungnya bagi pengguna saat ini, ekosistem bitcoin sudah tidak serumit masa-masa awalnya. Saat ini pemanfaatan bitcoin terbilang mudah di sisi pengguna, meskipun tetap mengandalkan kriptografi yang rumit di belakangnya.

Dompet bitcoin

Pengguna dapat memulai menggunakan Bitcoin dengan memasang dompet digital di komputer, perangkat mobile atau lewat layanan berbasis web (cloud). Jika dompet digital sudah terpasang, maka dompet ini akan menjadi alamat transaksi bitcoin pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X