Kompas.com - 20/01/2014, 12:02 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Baik Apple maupun Samsung berhasil menguasai pasar smartphone AS pada kuartal IV tahun 2013. Meskipun begitu, perbedaan persentase pangsa pasar di antara keduanya tercatat semakin melebar, dengan Apple sebagai juaranya.

Menurut lembaga survei NPD Group, seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (18/1/2014), sebanyak 42 persen pengguna ponsel pintar di AS memiliki iPhone pada kuartal tersebut.

Persentase tersebut meningkat jauh, jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Saat itu, iPhone menguasai 35 persen pasar atau terjadi peningkatan 7 persen.

Sementara, Samsung dengan smartphone Galaxy-nya hanya berhasil menggaet 26 persen pangsa pasar pada kuartal IV tahun 2013. Adapun peningkatan persentase pangsa pasar dibandingkan tahun sebelumnya terbilang cukup kecil, yaitu hanya 4 persen saja atau meningkat dari angka 22 persen.

Secara total, Apple dan Samsung berhasil menguasai 68 persen pangsa pasar smartphone di AS.

Tidak seperti Apple dan Samsung, kebanyakan vendor ponsel pintar ternama kehilangan pangsa pasar AS pada kuartal tersebut. Tercatat, Motorola, LG, HTC, dan BlackBerry hanya mendapatkan "jatah" kurang dari 10 persen.

"Di saat lebih banyak konsumen AS bermigrasi ke smartphone, mereka lebih memilih iPhone dan ponsel Android besutan Samsung," tulis pihak NPD Group.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.