Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Mulai Jauhi Samsung di AS

Kompas.com - 20/01/2014, 12:02 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Baik Apple maupun Samsung berhasil menguasai pasar smartphone AS pada kuartal IV tahun 2013. Meskipun begitu, perbedaan persentase pangsa pasar di antara keduanya tercatat semakin melebar, dengan Apple sebagai juaranya.

Menurut lembaga survei NPD Group, seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (18/1/2014), sebanyak 42 persen pengguna ponsel pintar di AS memiliki iPhone pada kuartal tersebut.

Persentase tersebut meningkat jauh, jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Saat itu, iPhone menguasai 35 persen pasar atau terjadi peningkatan 7 persen.

Sementara, Samsung dengan smartphone Galaxy-nya hanya berhasil menggaet 26 persen pangsa pasar pada kuartal IV tahun 2013. Adapun peningkatan persentase pangsa pasar dibandingkan tahun sebelumnya terbilang cukup kecil, yaitu hanya 4 persen saja atau meningkat dari angka 22 persen.

Secara total, Apple dan Samsung berhasil menguasai 68 persen pangsa pasar smartphone di AS.

Tidak seperti Apple dan Samsung, kebanyakan vendor ponsel pintar ternama kehilangan pangsa pasar AS pada kuartal tersebut. Tercatat, Motorola, LG, HTC, dan BlackBerry hanya mendapatkan "jatah" kurang dari 10 persen.

"Di saat lebih banyak konsumen AS bermigrasi ke smartphone, mereka lebih memilih iPhone dan ponsel Android besutan Samsung," tulis pihak NPD Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com