Kompas.com - 21/01/2014, 09:45 WIB
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm) IntelProsesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)

KOMPAS.com - Prosesor "Bay Trail" terbaru dari Intel telah mulai memasuki pasaran dalam bentuk tablet Windows. Mulai kuartal-II 2014, tablet Android yang menggunakan chip tersebut akan menyusul dirilis.

Intel sedang giat berusaha untuk mengejar volume tablet pada 2014, yang ditargetkan sebesar empat kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Tapi Bay Trail bukan satu-satunya upaya Intel untuk menjadi pemain terbesar di segmen tablet.

Raksasa chip ini juga akan mengusahakan sesuatu yang disebut "contra revenue" atau kontra pendapatan. Sebagaimana dilaporkan Cnet, istilah yang kurang umum itu tak lain berarti bahwa Intel bakal membayar para produsen tablet untuk memakai chip Bay Trail buatannya.

Intel
Intel mendiskusikan strategi

"Mengadakan program untuk memberi insentif bagi pelanggan dan mendorong pasar untuk produk-produk bukanlah sesuatu yang tidak biasa bagi kami. Sudah jelas pula bahwa kami ingin menumbuhkan pangsa pasar tablet," tulis Intel dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan kali pertama Intel memberikan "insentif" pada para rekanannya. Kembali ke 2011, perusahaan itu mencanangkan program Ultrabook Fund berbiaya 300 juta dollar AS yang bertujuan mendorong perkembangan kategori laptop tipis Ultrabook.

Bay Trail kini sudah dapat ditemukan di tablet Windows 8.1 yang berjalan dalam mode 32-bit. Nantinya, Bay Trail bisa menjalankan OS tersebut dalam mode 64-bit. Intel juga telah selesai mengembangkan kernel Android 64-bit untuk dijalankan produk berbasis chip ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.