Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Sistem Peringatan Dini Banjir Jakarta

Kompas.com - 21/01/2014, 10:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.comGoogle Indonesia menawarkan kerja sama kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam memberi peringatan dini bencana dan dampaknya.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, informasi tersebut akan disajikan dalam Google Public Alerts dan Crisis Map. "Mereka akan minta data kepada kita terkait bencana atau kondisi emergency. Nanti mereka akan olah sendiri," kata Sutopo.

Informasi hasil pengolahan data dari BNPB nantinya akan disajikan dalam bentuk peta disertai dengan berbagai keterangan terkait bencana. "Misalnya terkait banjir Jakarta, kalau misalnya Katulampa Siaga 1, publik sudah bisa tahu mana saja daerah yang mungkin terdampak," jelas Sutopo.

"Kita juga bisa manfaatkan ini untuk pencarian korban hilang dalam suatu bencana," ungkap Sutopo seusai menghadiri konferensi pers terkait banjir Jakarta 2014, Senin (20/1/2014).

Menurut Sutopo, kerja sama tersebut bila terwujud akan sangat membantu pihak pemerintah dan masyarakat manakala terjadi bencana. "Selama bencana, kita juga sibuk dengan penanganan korban, posko, dan lainnya. Informasi yang bisa diakses publik sangat membantu," tuturnya.

Sutopo mengatakan, BNPB tertarik dengan tawaran kerja sama tersebut. Ditargetkan, kerja sama akan terwujud tahun ini. Selain dengan Google, BNPB juga berupaya menjalin kerja sama dengan Kemenkominfo untuk penyediaan SMS Alert. "Konsepnya, ketika orang memasuki wilayah bencana, dia sudah otomatis akan menerima SMS peringatan dini," jelasnya.

BNPB akan bekerja sama pula dengan operator telepon seluler sehingga SMS peringatan itu tidak berbayar. (KONTAN/Asnil Bambani Amri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com