Pantau Banjir Jakarta dan Pintu Air secara "Real Time"

Kompas.com - 21/01/2014, 15:48 WIB
Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. KOMPAS/ANTONY LEEBendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terus mengguyur wilayah Jakarta sejak Senin malam hingga Selasa siang (20 dan 21 Januari 2014). Akibatnya, banjir yang sempat surut kembali meninggi di beberapa wilayah Ibu Kota.

Sebagai informasi untuk masyarakat mengenai daerah mana saja yang terkena dampak banjir di Jakarta, Nusantara Earth Observation Network (NEOnet), salah satu divisi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merilis sebuah situs web untuk memperlihatkan situasi banjir secara real time.

NEOnet BPPT
NEOnet BPPT hadirkan peta banjir dengan informasi real-time.
Tidak hanya memperlihatkan situasi banjir saja, pengunjung situs web itu pun dapat memantau ketinggian air pada pintu air sungai yang tersebar di Bogor, Depok, dan Jakarta. Pintu-pintu air tersebut antara lain Depok, Katulampa, Manggarai, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Karet, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan Google Map, NEOnet juga menghadirkan informasi seputar lalu lintas di Jakarta. Selain itu, mereka juga melengkapi situs web tersebut dengan informasi dan juga ramalan cuaca untuk wilayah Jabotabek.

Selain dapat diakses melalui komputer, situs web ini juga tersedia dalam versi mobile, untuk pengguna smartphone dan perangkat tablet.

Namun, ada sedikit perbedaan informasi yang disajikan antara versi desktop dan mobile. Saat KompasTekno mengaksesnya via ponsel, situs web tersebut hanya menyajikan informasi seputar ketinggian air di pintu air. Saat informasi tersebut diklik, catatan ketinggian air dalam 24 jam akan disajikan.

Untuk mengunjungi situs web tersebut dari komputer atau laptop dapat melalui tautan berikut ini atau tautan ini, bila Anda menggunakan ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.