Google Now Sudah Bisa Digunakan di PC

Kompas.com - 22/01/2014, 07:07 WIB
Contoh halaman Google Now Contoh halaman Google Now
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google akan membawa fitur asisten digitalnya, Google Now ke PC. Sebelumnya, Google Now lebih dulu hadir di Android dan iOS.

Peramban (browser) Google Chrome terbaru yang masih dalam tahap beta memiliki opsi untuk mengaktifkan Google Now. Terdapat pilihan untuk menjadikan Google Now ditampilkan sebagai tab notifikasi yang bisa muncul di layar, demikian dikutip dari Digital Trends (18/1/2014).

Seperti yang ditulis dalam blog Google Operating System (bukan blog resmi Google), fitur Google Now ini bisa diaktifkan pengguna Chrome dengan mengetik "chrome://flags/#enable-google-now" dalam kolom URL browser. Ganti setting tersebut dari Default menjadi Enabled, lalu klik "Relaunch Now" di bagian bawah.

Selanjutnya, restart browser dan sign in ke Google Chrome dengan akun Google, atau membuka tautan http://google.com/now, Anda bisa menikmati layanan Google Now di browser desktop. Fitur ini terdapat dalam browser terbaru Chrome Canary baik untuk Windows atau Mac.

Jika pengguna mengaktifkan Google Now di perangkat mobile mereka, maka Cards yang ditampilkan di desktop juga akan menyesuaikan, seperti Cards untuk cuaca, skor pertandingan, lalu-lintas, atau event reminder.

Beberapa Cards akan menampilkan informasi berdasar pada lokasi perangkat mobile. Google Now di desktop mengambil informasi lokasi tersebut dari perangkat mobile, bukan berdasar pada PC yang digunakan pengguna.

Banyak pengguna Android yang "dipaksa" menggunakan Google Now dalam perangkat mereka, seiring dengan update terbaru. Fitur tersebut otomatis muncul setelah update, walau bisa dinonaktifkan dari setting Google Search. Hasilnya, banyak pengguna mobile yang tidak menyukai fitur tersebut, atau belum bisa menerimanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu setelah ini, apakah Google Now juga bakal diterima di versi desktop?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.