Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Now Sudah Bisa Digunakan di PC

Kompas.com - 22/01/2014, 07:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google akan membawa fitur asisten digitalnya, Google Now ke PC. Sebelumnya, Google Now lebih dulu hadir di Android dan iOS.

Peramban (browser) Google Chrome terbaru yang masih dalam tahap beta memiliki opsi untuk mengaktifkan Google Now. Terdapat pilihan untuk menjadikan Google Now ditampilkan sebagai tab notifikasi yang bisa muncul di layar, demikian dikutip dari Digital Trends (18/1/2014).

Seperti yang ditulis dalam blog Google Operating System (bukan blog resmi Google), fitur Google Now ini bisa diaktifkan pengguna Chrome dengan mengetik "chrome://flags/#enable-google-now" dalam kolom URL browser. Ganti setting tersebut dari Default menjadi Enabled, lalu klik "Relaunch Now" di bagian bawah.

Selanjutnya, restart browser dan sign in ke Google Chrome dengan akun Google, atau membuka tautan http://google.com/now, Anda bisa menikmati layanan Google Now di browser desktop. Fitur ini terdapat dalam browser terbaru Chrome Canary baik untuk Windows atau Mac.

Jika pengguna mengaktifkan Google Now di perangkat mobile mereka, maka Cards yang ditampilkan di desktop juga akan menyesuaikan, seperti Cards untuk cuaca, skor pertandingan, lalu-lintas, atau event reminder.

Beberapa Cards akan menampilkan informasi berdasar pada lokasi perangkat mobile. Google Now di desktop mengambil informasi lokasi tersebut dari perangkat mobile, bukan berdasar pada PC yang digunakan pengguna.

Banyak pengguna Android yang "dipaksa" menggunakan Google Now dalam perangkat mereka, seiring dengan update terbaru. Fitur tersebut otomatis muncul setelah update, walau bisa dinonaktifkan dari setting Google Search. Hasilnya, banyak pengguna mobile yang tidak menyukai fitur tersebut, atau belum bisa menerimanya.

Lalu setelah ini, apakah Google Now juga bakal diterima di versi desktop?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com