Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome di Android Bakal Hemat Bandwidth

Kompas.com - 22/01/2014, 09:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google terus berusaha membuat aplikasi jelajah Internetnya (browser), Chrome menjadi browser terbaik di platform mobile. Update terbaru Chrome untuk Android dan iOS nantinya diklaim Google mampu mengurangi penggunaan data/bandwidth secara signifikan.

Update ini menurut Google didasarkan pada fakta bahwa masih banyak pengguna mobile yang memiliki langganan paket data yang terbatas. Dengan update tersebut, pengguna bisa memangkas penggunaan data hingga setengahnya, seperti ditulis dalam blog resmi Google Chrome.

Google akan menambahkan fitur yang disebut "Bandwidth management" dalam Chrome versi mobile. Saat diaktifkan, fitur tersebut diklaim bisa mengurangi penggunaan data.

Chrome versi mobile menggunakan metode kompresi yang dilakukan di server Google, sebelum ditampilkan di smartphone.

Pengguna juga dikatakan bisa melihat statistik penggunaan data mereka selama 30 hari terakhir. Google menampilkan persentase data yang digunakan dengan data yang masih dimiliki, serta ukuran data sebenarnya dan setelah dikompresi.

Dikutip dari Digital Trends, Selasa(21/1/2014), update tersebut baru akan dirilis untuk beberapa perangkat saja dalam waktu dekat. Namun ke depannya, Google akan merilisnya untuk semua perangkat Android dan iOS.

Chrome untuk mobile juga akan memiliki fitur layaknya speed dial. Halaman web yang sering dikunjungi akan ditampilkan di homescreen dan bisa diakses dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com