Samsung Rilis TV LED Anti-Petir di Indonesia

Kompas.com - 22/01/2014, 17:32 WIB
F5105 dan F4105 dilengkapi dengan fitur anti petir Deliusno/Kompas.comF5105 dan F4105 dilengkapi dengan fitur anti petir
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sering was-was TV rusak akibat tersambar petir saat hujan deras? Dua perangkat televisi LED terbaru dari Samsung ini dapat menjadi solusinya.

Televisi yang dimaksud adalah LED TV F4105 dan F5105. Keduanya memiliki fitur yang dapat dikatakan cukup unik untuk pengguna di Indonesia, yaitu anti-petir. Dengan adanya fitur tersebut, kedua TV tersebut diklaim tidak akan rusak, meski terkena aliran petir sekalipun.

Rahasia dari fitur tersebut terletak di bagian "jeroan" dari TV ini. Menurut Ubay Bayanudin, Product Marketing Manager Samsung PT Samsung Electronics Indonesia, kedua TV LED tersebut dipersenjatai dengan komponen block capacitor untuk menstabilkan kekuatan arus listrik dan menyimpan energi elektro dalam medan listrik.

"Di dalam kita tambahkan block capacitor, berbentuk bulat kakinya, untuk menahan tekanan 8.000 Volt atau 8kV selama satu detik. Waktu redamnya memang tidak dibuat terlalu lama karena biasanya sambaran petir tidak akan berlangsung lama," ujar Ubay pada saat peluncuran kedua TV tersebut di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Baik LED TV F4105 dan F5105 dilengkapi juga dengan sebuah fitur yang dinamakan CleanView. Fitur ini membantu mengurangi gangguan bintik, atau biasa dikenal dengan nama bintik semut di Indonesia, yang diakibatkan tidak sempurnanya sistem TV menangkap siaran dari antena.

Selain itu, TV tersebut juga hadir dengan sebuah fitur menarik lainnya yang dinamakan anti lonjakan listrik. Sebuah komponen yang dinamakan Varistor bertugas untuk membantu mengatur arus tegangan listrik dalam TV. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir komponen TV rusak karena tegangan listrik naik dan turun.

Fitur anti lonjakan listrik ini mampu mengatur arus tegangan listrik dengan toleransi 100 V hingga 270 V.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Batas toleransi dari TV merek lain biasanya hanya sekitar 5 persen dari tegangan normal Indonesia yang berada di angka 220 V," ungkap Ubay.

Selain dua fitur tersebut, kedua TV ini juga dilengkapi fitur menarik lainnya, yaitu anti-kelembapan dengan adanya silica gel dan fitur copy file di antara dua perangkat USB langsung melalui TV.

Memiliki fitur yang sama, hanya ada satu perbedaan yang dimiliki antara seri F4105 dan F5105, yaitu dukungan resolusi gambar. F4105 mendukung resolusi HD 720p, sementara F5105 mendukung resolusi yang lebih besar, Full HD 1080p.

Kedua seri TV LED ini sudah dijual di toko-toko elektronik di Indonesia. Kisaran harga untuk F4105 32 inci adalah Rp 3,5 juta. Sedangkan untuk F5105 32 inci dijual di kisaran harga Rp 4,5 juta dan F5105 40 inci dengan harga Rp 6,5 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X