Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Indonesia Suka Gadget Apa?

Kompas.com - 23/01/2014, 08:23 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komputer tablet menjadi produk elektronik yang paling diincar konsumen di Indonesia, menurut survei yang dilakukan Microsoft Indonesia. Konsumen mencari perangkat komputasi yang serba bisa untuk aktivitas sehari-hari, namun dalam wujud yang mudah dibawa ke mana saja.

Survei Microsoft kali ini dilakukan di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, melibatkan 1.300 responden untuk memahami gaya hidup digital dan pola belanja teknologi informasi konsumen di akhir tahun 2013.

Dalam survei ini, ada 219 responden asal Indonesia yang berpartisipasi. Sebanyak 38 persen responden Indonesia mendambakan tablet sebagai perangkat untuk bekerja dan bermain.

Meski demikian, komputer notebook dan ultrabook tetap menjadi pilihan populer, menurut 31 persen responden.

“Konsumen di Indonesia semakin berminat memiliki tablet, namun lebih dari sekadar untuk dipakai membaca, surfing internet, atau main game,” kata Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia.

Kepemilikan tablet di Asia Pasifik diprediksi meningkat drastis sepanjang 2014. Lembaga riset Canalys memperkirakan pangsa pasar tablet akan mencapai 50 persen dari seluruh total pasar komputer pribadi secara global (desktop, notebook dan tablet), dengan 285 juta unit terjual hanya di kawasan tersebut.

Selain itu, survei juga mencatat semakin banyak konsumen yang memiliki lebih dari satu perangkat. Sebanyak 41 persen responden mengaku memiliki setidaknya satu perangkat desktop, notebook, serta ponsel pintar. Saat semua gadget ini saling terhubung, 68 persen responden menginginkan pengalaman yang seragam di semua gadget yang mereka miliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com