Di 24 Negara, Windows Phone Kalahkan iPhone

Kompas.com - 23/01/2014, 10:33 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Usaha Microsoft dan Nokia dalam meningkatkan ekosistem Windows Phone tak sia-sia. Microsoft mengatakan bahwa ponsel pintar berbasis Windows Phone berhasil mengalahkan pangsa pasar Apple iPhone di 24 negara.

Klaim ini merujuk pada data lembaga riset IDC untuk kuartal ketiga tahun 2013. Kepada situs teknologi The Next Web, Microsoft memberi daftar 24 negara tersebut, yaitu Cile, Kolombia, Ceko, Mesir, Ekuador, Finlandia, Yunani, Hongaria, India, Italia, Kenya, Kuwait, Malaysia, Meksiko, Nigeria, Pakistan, Peru, Polandia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, Ukraina, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Sayangnya, Microsoft tidak memberi data secara detail persentase pangsa pasarnya dengan iPhone di 24 negara tersebut.

"Pada kuartal ketiga tahun 2013, menurut IDC, Windows Phone memperkuat posisinya sebagai tiga besar sistem operasi ponsel pintar terbaik dan platform yang paling cepat berkembang di antara sistem operasi terkemuka lain, dengan 156 persen keuntungan dari tahun ke tahun," kata juru bicara Microsoft.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Windows Phone merupakan sistem operasi terbesar kedua di 14 negara, yaitu India, Meksiko, Italia, Cile, Thailand, Vietnam, Malaysia, Polandia, Afrika Selatan, Ukraina, Hongaria, Finlandia, Ceko, dan Yunani.

Pertumbuhan sistem operasi Windows Phone sudah terlihat sejak kuartal keempat 2012. Kala itu, IDC mengatakan, Windows Phone berhasil mengalahkan iPhone di tujuh negara, yaitu Argentina, Rusia, Afrika Selatan, Ukraina, India, Polandia, dan sekelompok negara-negara kecil, termasuk Kroasia.

Sementara itu, sistem operasi Android buatan Google masih menjadi sistem operasi paling populer untuk perangkat mobile di sebagian besar negara di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.