Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di 24 Negara, Windows Phone Kalahkan iPhone

Kompas.com - 23/01/2014, 10:33 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Usaha Microsoft dan Nokia dalam meningkatkan ekosistem Windows Phone tak sia-sia. Microsoft mengatakan bahwa ponsel pintar berbasis Windows Phone berhasil mengalahkan pangsa pasar Apple iPhone di 24 negara.

Klaim ini merujuk pada data lembaga riset IDC untuk kuartal ketiga tahun 2013. Kepada situs teknologi The Next Web, Microsoft memberi daftar 24 negara tersebut, yaitu Cile, Kolombia, Ceko, Mesir, Ekuador, Finlandia, Yunani, Hongaria, India, Italia, Kenya, Kuwait, Malaysia, Meksiko, Nigeria, Pakistan, Peru, Polandia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, Ukraina, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Sayangnya, Microsoft tidak memberi data secara detail persentase pangsa pasarnya dengan iPhone di 24 negara tersebut.

"Pada kuartal ketiga tahun 2013, menurut IDC, Windows Phone memperkuat posisinya sebagai tiga besar sistem operasi ponsel pintar terbaik dan platform yang paling cepat berkembang di antara sistem operasi terkemuka lain, dengan 156 persen keuntungan dari tahun ke tahun," kata juru bicara Microsoft.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Windows Phone merupakan sistem operasi terbesar kedua di 14 negara, yaitu India, Meksiko, Italia, Cile, Thailand, Vietnam, Malaysia, Polandia, Afrika Selatan, Ukraina, Hongaria, Finlandia, Ceko, dan Yunani.

Pertumbuhan sistem operasi Windows Phone sudah terlihat sejak kuartal keempat 2012. Kala itu, IDC mengatakan, Windows Phone berhasil mengalahkan iPhone di tujuh negara, yaitu Argentina, Rusia, Afrika Selatan, Ukraina, India, Polandia, dan sekelompok negara-negara kecil, termasuk Kroasia.

Sementara itu, sistem operasi Android buatan Google masih menjadi sistem operasi paling populer untuk perangkat mobile di sebagian besar negara di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com