Kompas.com - 23/01/2014, 10:54 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beredar spekulasi BlackBerry akan memindahkan kantor pusatnya dari Kanada. Rumor ini beredar setelah BlackBerry diketahui akan menjual aset-aset properti perusahaan untuk menyelamatkan neraca keuangannya.

Menurut kabar yang dilansir Phone Arena, Rabu(22/1/2014), BlackBerry mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan menjual "mayoritas" aset properti mereka di Kanada.

Seperti diketahui, mayoritas bangunan yang dimiliki BlackBerry berada di kota Waterloo, Kanada.

BlackBerry telah menunjuk perusahaan real estate CBRE untuk mengurus penjualan aset bangunan mereka. Rencananya aset-aset bangunan tersebut akan dijual dengan cara sewa-beli dan penjualan aset bangunan kosong.

Menurut analis, dari penjualan aset bangunan tersebut BlackBerry bisa mengumpulkan dana antara 600 hingga 700 juta dollar AS. Bulan lalu, BlackBerry juga berhasil mengumpulkan 37 juta dollar AS dari penjualan lima gedung dan lahan kepada Universitas Waterloo.

Menanggapi spekulasi markas besar BlackBerry pindah dari Kanada, CEO BlackBerry, John Chen mengatakan, perusahaan masih berkomitmen untuk tetap bermarkas di Waterloo.

"BlackBerry masih akan bermarkas di Waterloo dan akan tetap berada di Kanada, langkah ini diambil untuk meningkatkan fleksibilitas keuangan BlackBerry, serta menambah dana untuk menudukung operasi kami di saat bisnis terus berkembang," terangnya.

BlackBerry memang sedang berada di masa krisis. Laporan tahunan keuangan perusahaan yang dirilis Januari ini menunjukkan bahwa BlackBerry merugi hingga 3,5 miliar dollar AS dari perangkat yang tidak laku dijual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.