Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

advertorial

Review ATIV Book 9 Plus

Kompas.com - 23/01/2014, 11:18 WIB
advertorial

Penulis

Kali ini kita kedatangan sebuah laptop yang langsing dan canggih luar biasa. Flagship model dari Samsung yaitu ATIV Book 9 Plus.

DESAIN

-

Sebagai laptop premium, ATIV Book 9 Plus hadir dengan desain unibody dari bahan aluminium. Desainnya yang tipis nan cantik ini akan langsung menarik perhatian siapa pun yang memandangnya. Dengan bodi yang hanya setebal 13,6mm, ATIV Book 9 Plus akan terlihat memukau saat diletakkan di meja atau di dalam genggaman tangan Anda.

Begitu menyentuhnya, Anda akan merasakan kemewahan yang dipancarkannya. Bahan aluminium yang digunakannya sukses memberikan ketahanan ekstra sekaligus aura premium bagi siapa pun yang menggunakannya. Tidak hanya tampil menawan, ATIV Book 9 Plus juga tampil ringan. Dengan bobotnya yang hanya 1,38 kg, Anda akan dapat membawanya beraktivitas seharian tanpa merasa pegal.

-

Keyboard dan layar yang menjadi dua elemen penting dalam anatomi sebuah notebook juga tidak luput dari perhatian Samsung. Desain keyboard dengan lampu backlit menjadi andalan notebook langsing ini membuatnya dapat digunakan kapan saja, bahkan di dalam kegelapan. Dengan ukuran tombol dan jarak antar tombol yang pas, mengetik dapat dilakukan dengan cepat dan nyaman di  ATIV Book 9 Plus.

LAYAR

-

Kualitas layar juga tergolong istimewa. Samsung Ativ Book 9 Plus hadir dengan layar 13,3 inci yang memiliki resolusi 3200x1800 pixel atau disebut dengan QHD+. Resolusi ini menjadikan  layarnya hampir 3x lebih tajam dibandingkan layar Full HD biasa dan melebihi layar Retina Display. Dengan kecanggihan teknologi layarnya ini, ATIV Book 9 Plus saat ini adalah notebook dengan layar beresolusi paling tinggi di dunia saat ini.

Keuntungan yang dirasakan dari spesifikasi layarnya ini akan terasa saat Anda melihat foto resolusi tinggi atau menampilkan teks di layar ATIV Book 9 Plus. Teks dan foto akan dapat tertampil dengan tajam dan jelas, nyaris tanpa gerigi di pinggir huruf atau gambar.

Tingkat kecerahan layar juga amat baik, mencapai 350 nits, sehingga cukup dapat diandalkan saat digunakan di luar ruangan di siang hari. Untuk respons terhadap sentuhan, layar ATIV Book 9 Plus mampu mengenali 10 jari sekaligus. Ini tentunya memberi senssasi tersendiri untuk beberapa aplikasi seperti game atau piano virtual.

-

Desainnya yang aerodinamis. Layar sentuh Book 9 Plus memiliki engsel yang kuat dan dapat diputar hingga 180 derajat. Dengan engsel yang kokoh ini, mekanisme membuka layar Book 9 Plus akan terasa halus dan mantap.

PERFORMA

Tentunya kecanggihan ATIV Book 9 Plus tidak terhenti di bagian luar saja. Spesifikasi yang diusungnya juga mumpuni dan handal untuk berbagai keperluan. Paduan prosesor Intel Core i5 terbaru, RAM 4GB DDR3, dan SSD 128GB terbukti mampu menaklukkan berbagai tugas yang berat sekalipun. Selain mampu menunaikan tugas kantoran biasa seperti melakukan browsing atau menyunting dokumen Office, ATIV Book 9 Plus juga mampu menyelesaikan berbagai tugas multimedia seperti menyunting foto, memutar video Full HD, atau menyunting video sederhana dengan lancar.

Sama seperti notebook Samsung keluaran tahun ini, ATIV Book 9 Plus juga dilengkapi dengan SideSync. Dengan SideSYnc, ANda dapat mengendalikan smartphone Android dari notebook. Caranya amat mudah. Pasang aplikasi SideSync di smartphone Samsung Galaxy dan ATIV Book 9 Plus. Hubungkan kedua perangkat tersebut, kemudian jalankan aplikasi SideSync di tiap perangkat. Setelah selesai, Anda akan dapat mengoperasikan smartphone melalui notebook. Misalnya, Anda bisa membalas SMS atau email menggunakan keyboard notebook. Keren kan? Yang perlu diingat, fitur ini hanya terbatas untuk notebook dan smartphone merk Samsung.

Masih bicara soal produktivitas,  Samsung berhasil menyematkan koleksi port dan slot yang cukup lengkap. Selain dua buah port USB 3.0, juga terdapat koneksi micro HDMI, mini VGA, Gigabit Ethernet, serta slot SD card.  Cukup lengkap untuk sebuah notebook yang amat langsing dan ringkas.

Daya tahan baterainya juga mengagumkan. ATIV Book 9 Plus telah memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam. Ini berarti baterainya dapat diandalkan untuk menemani Anda beraktivitas seharian, tanpa harus membawa charger.

KESIMPULAN

Ada satu hal yang berhasil dibuktikan oleh ATIV Book 9 Plus. Kombinasi notebook langsing nan cantik dengan spesifikasi kelas atas ternyata bukanlah hal yang mustahil diwujudkan. ATIV Book 9 Plus menjadi contoh sempurna betapa produk dengan desain menawan dan bahan kokoh, yang dipadukan dengan layar beresolusi ekstra tinggi dan performa yang handal, ternyata tersedia saat ini juga.

Bagi Anda yang mendambakan notebook dengan desain mewah, layar super tajam, serta performa yang kencang, Samsung ATIV Book 9 Plus jelas layak menjadi pilihan. Simak juga ulasan video ATIV Book 9 Plus berikut. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com