Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah PC, Lenovo Akuisisi Bisnis "Server" IBM

Kompas.com - 24/01/2014, 13:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNBC,Reuters

KOMPAS.com - Lenovo akhirnya memenangkan persaingan dalam meminang bisnis komputer server low-end IBM. Sebelumnya, Lenovo harus bersaing dengan Dell yang juga berminat membeli bisnis IBM tersebut.

Total nilai akuisisi ini adalah 2,3 dollar AS. Dikutip dari CNBC, Kamis(23/1/2014), Lenovo akan membayar tunai 2,07 miliar dollar AS dan sisanya berupa saham yang akan diterbitkan IBM.

Dengan melepas bisnis server low-end, maka IBM tak lagi membuat server dengan arsitektur x86. IBM kemudian akan fokus ke segmen bisnis software dan layanan perusahaan enterprise.

Bisnis server IBM adalah yang terbesar kedua di dunia. Lembaga riset Gartner menyebut IBM memiliki pangsa pasar 22,9 persen dari total nilai bisnis 12,3 miliar dollar AS pada kuartal tiga 2013 lalu.

Sementara bagi Lenovo, pembelian unit bisnis baru ini diharapkan bisa membawa pendapatan dari sumber yang berbeda. Selama ini bisnis PC, smartphone, dan tablet Lenovo mengalami penurunan.

Namun walau kedua perusahaan telah mencapai kata sepakat, akuisisi unit IBM ini masih menunggu persetujuan dari the Comitte on Foreign Investment in the United States (CFIUS).

"Akuisisi ini juga akan mendongkrak pangsa pasar Lenovo di pasar server menjadi 14 persen, dari sebelumnya dua persen," demikian ujar Peter Hortensius, Senior Vice President Lenovo, seperti dilansir Reuters, Rabu(22/1/2014).

Dalam perjanjian pembelian, Lenovo diwajibkan merekrut 7.500 karyawan IBM untuk bergabung di tubuh Lenovo. Selain itu, operasi layanan purna jual dan perbaikan juga akan ditangani oleh Lenovo.

Negosiasi antara IBM dan Lenovo berjalan sangat alot. Sebelumnya, satu tahun yang lalu, rencana akuisisi IBM oleh Lenovo sempat gagal karena saat itu IBM mengajukan penawaran harga yang dianggap terlalu tinggi oleh Lenovo, 6 miliar dollar AS.

Kesepakatan antara IBM dan Lenovo ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Lenovo juga telah mengakusisi bisnis PC ThinkPad milik IBM pada tahun 2005 senilai 1,75 miliar dollar AS. Di bawah Lenovo, ThinkPad kemudian menjadi pemimpin pasar PC di tahun 2012.

Analis juga memprediksi bahwa Lenovo akan lebih mudah menjual server x86 di pasar China dibanding IBM, karena pemerintah setempat berencana menggunakan produk-produk IT lokal daripada membeli dari Amerika Serikat, terkait isu mata-mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC,Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com