Kompas.com - 24/01/2014, 13:23 WIB
Data center Facebook ReadWriteData center Facebook
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Lenovo akhirnya memenangkan persaingan dalam meminang bisnis komputer server low-end IBM. Sebelumnya, Lenovo harus bersaing dengan Dell yang juga berminat membeli bisnis IBM tersebut.

Total nilai akuisisi ini adalah 2,3 dollar AS. Dikutip dari CNBC, Kamis(23/1/2014), Lenovo akan membayar tunai 2,07 miliar dollar AS dan sisanya berupa saham yang akan diterbitkan IBM.

Dengan melepas bisnis server low-end, maka IBM tak lagi membuat server dengan arsitektur x86. IBM kemudian akan fokus ke segmen bisnis software dan layanan perusahaan enterprise.

Bisnis server IBM adalah yang terbesar kedua di dunia. Lembaga riset Gartner menyebut IBM memiliki pangsa pasar 22,9 persen dari total nilai bisnis 12,3 miliar dollar AS pada kuartal tiga 2013 lalu.

Sementara bagi Lenovo, pembelian unit bisnis baru ini diharapkan bisa membawa pendapatan dari sumber yang berbeda. Selama ini bisnis PC, smartphone, dan tablet Lenovo mengalami penurunan.

Namun walau kedua perusahaan telah mencapai kata sepakat, akuisisi unit IBM ini masih menunggu persetujuan dari the Comitte on Foreign Investment in the United States (CFIUS).

"Akuisisi ini juga akan mendongkrak pangsa pasar Lenovo di pasar server menjadi 14 persen, dari sebelumnya dua persen," demikian ujar Peter Hortensius, Senior Vice President Lenovo, seperti dilansir Reuters, Rabu(22/1/2014).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam perjanjian pembelian, Lenovo diwajibkan merekrut 7.500 karyawan IBM untuk bergabung di tubuh Lenovo. Selain itu, operasi layanan purna jual dan perbaikan juga akan ditangani oleh Lenovo.

Negosiasi antara IBM dan Lenovo berjalan sangat alot. Sebelumnya, satu tahun yang lalu, rencana akuisisi IBM oleh Lenovo sempat gagal karena saat itu IBM mengajukan penawaran harga yang dianggap terlalu tinggi oleh Lenovo, 6 miliar dollar AS.

Kesepakatan antara IBM dan Lenovo ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Lenovo juga telah mengakusisi bisnis PC ThinkPad milik IBM pada tahun 2005 senilai 1,75 miliar dollar AS. Di bawah Lenovo, ThinkPad kemudian menjadi pemimpin pasar PC di tahun 2012.

Analis juga memprediksi bahwa Lenovo akan lebih mudah menjual server x86 di pasar China dibanding IBM, karena pemerintah setempat berencana menggunakan produk-produk IT lokal daripada membeli dari Amerika Serikat, terkait isu mata-mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC,Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.