Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2014, 09:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Diagram penjelasan dalam paten Apple mengenai aplikasi kristal safir pada gadget

KOMPAS.com - Apple kembali mematenkan teknologi baru. Kali ini berupa aneka teknik menempelkan kristal safir ke berbagai perangkat elektronik, termasuk keseluruhan layar smartphone.

Itulah deskripsi yang dicantumkan dalam dokumen pengajuan paten Apple yang dikabulkan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO) hari Kamis (23/1/2014).

Sebelumnya, Apple sudah pernah mengaplikasikan kristal safir sebagai bagian dari lensa kamera iPhone 5 dan pelapis pemindai sidik jari iPhone 5S.

Lalu, mengapa repot-repot memakai kristal safir sebagai elemen perangkat elektronik? Sebagaimana dilansir oleh Cnet, bahan ini dikenal memiliki ketahanan tinggi sehingga bisa dipakai untuk melindungi layar.

Ketahanan kristal safir terhadap goresan bahkan disinyalir lebih tinggi ketimbang Gorilla Glass yang selama ini dipakai oleh Apple untuk melapis layar iPhone miliknya.

Tapi bukan cuma itu, kristal safir juga bisa berperan sebagai konduktor atau penghantar panas yang baik. Kemampuannya dalam hal ini disebut sebanding dengan material logam. Karena itu, Safir juga bisa ditempelkan ke prosesor iPhone untuk melepas panas.

Apple sendiri memang telah menunjukkan ketertarikan terhadap kristal safir. Tahun lalu, produsen gadget itu menanam modal 578 juta dollar AS bersama GT Advanced Technology untuk membangun fasilitas produksi safir di Arizona, Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.