100 Domain Internet Unik Diluncurkan

Kompas.com - 25/01/2014, 11:26 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) sejak tahun 2013 membuka program baru untuk mengatur nama domain tingkat pertama yang sifatnya umum (Generic Top Level Domain/gTLD).

Organisasi yang mengelola nama domain internet di seluruh dunia ini akhirnya mendelegasikan 100 nama gTLD baru, Kamis (23/1/2014).

Seratus nama domain itu terbilang unik. ICANN telah mempublikasi nama-nama tersebut di situs web resminya, antar lain .rich, .sexy, .ninja, .pink, .email, .photo, .photography, .guitars, .marketing, .agency, .dance, .ceo, .tips, .coffee, .domains, dan lainnya.

Dari 100 nama domain baru itu, ada satu domain yang menggunakan bahasa Arab, dua bahasa Rusia, dan satu bahasa China.

Keberadaan domain baru ini akan menjadi bisnis baru dalam dunia internet. Beberapa pendaftar yang mengelola domain gTLD tersebut adalah perusahaan registrar baru. Namun, ada pula perusahaan registrar lama yang sudah mapan.

Tak hanya itu, perusahaan besar juga mengincar domain yang dikenal dengan sebutan .anything tersebut (dot anything). Google contohnya, mereka mengincar domain .google, .android, .youtube, dan .tech.

Microsoft juga mengincar beberapa domain, antara lain .bing, .skype, .docs. Sementara Apple hanya mengincar satu domain, yaitu .apple.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ICANN sendiri memprediksi, akan ada 1.400 nama gTLD baru. Program gTLD baru akan menjadi alternatif dari 22 gTLD yang sudah ada selama ini, termasuk .com, .net, .org. Sehingga, semakin banyak pillihan bagi berbagai pihak untuk memilih nama domain internet.

ICANN telah menerima hampir 2.000 aplikasi dari para registrar yang hendak mendapatkan gTLD baru. Sebagian besar registrar itu bersaing untuk mendapatkan nama domain yang populer, seperti .shop, .store, .taxi, dan sebagainya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.