Transformasi Komputer Mac dari Masa ke Masa

Kompas.com - 25/01/2014, 12:23 WIB
Komputer bersistem operasi Mac dari Apple Aditya Panji/KompasTeknoKomputer bersistem operasi Mac dari Apple
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dengan Steve Jobs-nya dikenal sebagai sebuah perusahaan yang seakan bisa melihat ke masa depan.

Desain-desain produknya selalu membuat kita tercengang saat pertama kali diperkenalkan dan disukai banyak orang setelahnya. Salah satunya adalah komputer Macintosh. Semenjak pertama kali kemunculan komputer Mac, Steve Jobs seperti merevolusi bentuk komputer pribadi.

Perubahan itu tetap berlangsung hingga kini, setelah 30 tahun komputer Mac diperkenalkan. Desain komputer Mac dari tahun ke tahun selalu berubah. Walau kini saat kita melihat desain komputer Apple di tahun 80-an terlihat jadul, namun pada masanya, komputer Mac selalu tampil beda dan menarik perhatian.

Pada 24 Januari kemarin, komputer Mac berusia 30 tahun. Situs Mashable telah membuat daftar desain komputer Apple dari masa ke masa, yang layak untuk diperhatikan. Berikut adalah diantaranya:

1. Lisa
Model pertama komputer Apple ini diberi nama Lisa, seperti nama putri Steve Jobs. Walau tidak sepenuhnya merupakan komputer Mac, namun desain ini memiliki pengaruh pada desain Macintosh yang pertama yang diluncurkan pada 24 Januari 1984. Butuh waktu tiga tahun dan biaya 50 juta dollar AS dalam pengembangannya. Di masanya, Lisa dijual seharga hampir 10.000 dollar AS, atau setara 25.000 dollar AS untuk ukuran masa kini.


Mac Lisa

2. Macintosh XL

Lisa kemudian didesain ulang pada tahun 1985, untuk mendongkrak penjualannya. Apple kemudian menamainya dengan Macintosh XL, dan membanderol harga 3,495 dollar AS untuk tiap unitnya.


Mac XL

3. Macintosh 128K

Macintosh 128K menjadi PC Macintosh sejati yang pertama. Dibuat pada 1984, Apple menjualnya dengan harga 2,495 dollar AS. Macintosh 128K memiliki layar berukuran 9 inci, RAM 128K, dan aksesibilitas yang saat itu diklaim lebih mudah.

 


Mac 128K

4. Macintosh 512K

Diluncurkan setelah versi 128, Macintosh 512K pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama, hanya memiliki jumlah memori yang empat kali lebih besar.

Mac 512K

5. Macintosh Plus

Halaman:


Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X