Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Sempat Tumbang, Ini Penjelasan Google

Kompas.com - 25/01/2014, 16:26 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Layanan penting milik Google, seperti Gmail, Google Plus, Calendar, dan Documents, sempat bermasalah, Sabtu malam (24/1/2014). Akibat dari masalah ini, layanan tersebut sempat tidak bisa diakses oleh penggunanya untuk sementara waktu.

Pihak Google sendiri sudah angkat bicara mengenai masalah tersebut. Menurut Ben Treynor, VP Engineering Google, dalam blog resmi perusahaan, penyebab utama dari permasalahan tersebut berasal dari bug atau "kutu" pada software internal.

Bug tersebut membuat permintaan data oleh pengguna diabaikan oleh sistem, dan layanan Google yang sudah disebutkan sebelumnya menjadi eror.

"Sistem internal yang menghasilkan konfigurasi—pada dasarnya informasi yang memberi tahu sistem lain untuk patuh—menemui sebuah bug pada software dan mulai menghasilkan konfigurasi yang salah," tulis Treynor.

"Konfigurasi yang salah tersebut dikirimkan ke layanan live selama 15 menit berikutnya, menyebabkan permintaan pengguna untuk data mereka diabaikan, dan layanan tersebut, pada gilirannya, mengalami eror," lanjut Treynor.

Masih menurut Google, sekitar 10 persen dari pengguna mereka terkena masalah ini. Durasi gangguan di setiap pengguna tampaknya berbeda-beda, dari 30 menit hingga 1 jam. Oleh karena adanya gangguan tersebut, pihak Google pun meminta maaf.

"Apakah efeknya singkat atau berlangsung selama satu jam, mohon terima permintaan maaf kami," ujar Treynor.

Saat ini semua layanan yang bermasalah tersebut sudah bisa diakses kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com