Pertumbuhan Pengguna Instagram Paling Pesat

Kompas.com - 26/01/2014, 14:04 WIB
Instagram Josh Edelson/AFPInstagram
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Facebook boleh saja telah mengakuisisi Instagram. Namun, dalam sebuah survei, terungkap bahwa pengguna jejaring sosial berbasis foto itu memiliki pertumbuhan pengguna aktif yang lebih pesat dibanding Facebook.

Bahkan, saking pesatnya jumlah pengguna baru Instagram, sampai-sampai mengalahkan jumlah pengguna baru Facebook, Twitter, dan Pinterest jika digabungkan. Survei ini dilakukan oleh firma penelitian pemasaran, GlobalWeb Index.

Dalam survei yang dilakukan pada kuartal empat 2013, dan dipublikasikan pada Januari 2014 tersebut, tercatat Facebook hanya memiliki pertumbuhan pengguna aktif sebesar 3 persen saja. Sementara saudara tirinya, Instagram, mencapai 23 persen.

Reddit menjadi situs jejaring sosial terbesar kedua dengan pertumbuhan 13 persen, diikuti dengan LinkedIn yang memperoleh 9 persen.

Dikutip dari Digital Trends (22/1/2014), survei yang dilakukan GlobalWeb Index tersebut dilakukan di 32 negara —tidak termasuk China— dengan jumlah responden hingga 170 ribu orang.

Namun, walau hanya memiliki pertumbuhan yang sedikit, penetrasi Facebook di negara-negara berkembang ternyata cukup tinggi. Menurut Jason Mader, Head of Trends GlobalWeb Index, dirinya terkejut melihat betapa tingginya penetrasi Facebook di negara-negara berkembang, seperti Indonesia.

Survei ini juga menangkis rumor bahwa Facebook sedang mengalami masa penurunan. Sebelumnya diberitakan bahwa banyak pengguna remaja yang mulai meninggalkan Facebook.

Walau penambahan pengguna aktifnya lebih pelan, namun Facebook tetap menjadi jejaring sosial nomor satu di dunia dalam hal kepemilikan akun (83 persen), penggunaan aktif (49 persen), dan frekuensi kunjungan (56 persen pengguna Facebook masuk ke layanan ini lebih dari sekali dalam sehari).

Dari sisi perangkat mobile, Facebook menjadi aplikasi sosial paling populer. Aplikasi pesan instan Facebook Messenger, berada di peringkat empat, sementara Instagram peringkat delapan dari sisi mobile. Secara keseluruhan, menurut GlobalWeb Index, aplikasi-aplikasi milik Facebook merajai ranah mobile.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X