Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Tumbuh Pesat, Facebook Masih Berkuasa

Kompas.com - 26/01/2014, 20:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Giga Om

KOMPAS.com - Layanan Facebook dan Instagram kini dikelola oleh satu perusahaan. Namun, keduanya tetap bersaing dalam hal popularitas untuk menambah jumlah pengguna dan meningkatkan bisnis.

Facebook masih menjadi jejaring sosial terbesar di dunia, dengan 1,19 miliar pengguna, sementara Instagram 150 juta pengguna pada kuartal ketiga 2013. Tetapi, pertumbuhan jumlah pengguna baru Facebook ternyata tidak sebesar Instagram.

Dalam survei yang dilakukan GlobalWeb Index pada kuartal empat 2013, dan dipublikasikan pada Januari 2014 tersebut, tercatat Facebook hanya mengalami pertumbuhan pengguna aktif sebesar 3 persen saja. Sementara saudara tirinya, Instagram, mencapai 23 persen.

Bahkan, saking pesatnya jumlah pengguna baru Instagram, sampai-sampai mengalahkan gabungan pengguna baru Facebook, Twitter, dan Pinterest.

Namun jika diranking berdasar jejaring sosialnya, Facebook tetap berada di peringkat atas dari sisi kepemilikan akun (83 persen), penggunaan aktif (49 persen), dan frekuensi kunjungan (56 persen pengguna Facebook masuk ke layanan ini lebih dari sekali dalam sehari).

Facebook kini lebih fokus dalam bisnis perangkat mobile. Mereka terus menyempurnakan layanan di perangkat mobile, begitu juga Instagram.

Mobile

Hal serupa juga dilakukan jejaring sosial Twitter. Selama 2013, perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, AS, ini, terus melakukan perubahan dan perbaikan, seperti tampilan halaman utama dan penambahan fitur berkirim pesan secara personal.

Lembaga riset GlobalWeb Index merilis data bahwa pada kuartal empat 2013, akses sosial media dari perangkat mobile telah melampaui PC. Sebanyak 66 persen pengguna mengakses jejaring sosial dari perangkat mobile.

GlobalWeb Index juga memprediksi jejaring sosial baru yang akan populer di masa depan. Mereka adalah YouTube dan Tumblr.

Di masa depan, makin banyak pengguna yang mengakses jejaring sosial dengan platform yang berbeda-beda pula, sehingga interaksi sosial sehari-hari akan lebih bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Giga Om
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com