Kompas.com - 27/01/2014, 10:13 WIB
iPhone 5C AppleiPhone 5C
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kapasitas memori penyimpanan internal smartphone mungkin menjadi bahan pertimbangan penting sebelum seseorang membelinya. Makin besar kapasitasnya, makin banyak aplikasi atau data yang bisa disimpan. Tentu harganya makin mahal.

Kita bisa saja kagum dan tertarik saat membaca tulisan 16 GB atau 32 GB di samping kata internal memory dalam daftar spesifikasi yang dicantumkan vendor smartphone.

Namun perlu diingat, tak sepenuhnya kapasitas memori internal bisa digunakan oleh pengguna karena sebagian digunakan untuk sistem. Nah, jadi berapa kapasitas penyimpanan sebenarnya yang vendor tawarkan?

Hasil riset yang dilakukan oleh situs Which, mengatakan bahwa dalam hal penyimpanan internal, iPhone 5C lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S4, walau sama-sama mengemas memori 16 GB. Smartphone besutan Apple tersebut memiliki "sisa ruang" yang lebih lega setelah digunakan untuk sistem.

Untuk Galaxy S4 dengan kapasitas 16 GB, memori internal yang benar-benar bisa digunakan pengguna hanyalah 8,56 GB, atau 54 persennya. Sementara iPhone 5C 16 GB, masih menyisakan memori internal untuk pengguna sebesar 12,6 GB atau 79 persennya.

Smartphone lain yang tergolong royal dalam menyisakan kapasitas penyimpanan internalnya adalah Nexus 5 dengan kapasitas 12,28 GB (77 persen), dan iPhone 5S dengan memori internal tersisa 12,2 GB (76 persen). Semua dalam varian 16 GB. Daftar sisa memori dari beberapa smartphone dapat dilihat dari gambar di bawah.

Jika memori internal smartphone-smartphone yang disebut di atas masih kurang, pengguna masih bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memasang dengan kartu memori, yang menjadi penyimpanan eksternal, atau di luar sistem smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, jangan selalu percaya dengan penawaran kapasitas memori yang besar. Semua smartphone harus mengorbankan memori internalnya untuk sistem operasi. Makin banyak fitur dan aplikasi preloaded, maka memori internal yang tersisa makin kecil.


Kapasitas storage internal smartphone.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Which?

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.