Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Mana Paling "Jujur" soal Memori Internal?

Kompas.com - 27/01/2014, 10:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Which?
KOMPAS.com - Kapasitas memori penyimpanan internal smartphone mungkin menjadi bahan pertimbangan penting sebelum seseorang membelinya. Makin besar kapasitasnya, makin banyak aplikasi atau data yang bisa disimpan. Tentu harganya makin mahal.

Kita bisa saja kagum dan tertarik saat membaca tulisan 16 GB atau 32 GB di samping kata internal memory dalam daftar spesifikasi yang dicantumkan vendor smartphone.

Namun perlu diingat, tak sepenuhnya kapasitas memori internal bisa digunakan oleh pengguna karena sebagian digunakan untuk sistem. Nah, jadi berapa kapasitas penyimpanan sebenarnya yang vendor tawarkan?

Hasil riset yang dilakukan oleh situs Which, mengatakan bahwa dalam hal penyimpanan internal, iPhone 5C lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S4, walau sama-sama mengemas memori 16 GB. Smartphone besutan Apple tersebut memiliki "sisa ruang" yang lebih lega setelah digunakan untuk sistem.

Untuk Galaxy S4 dengan kapasitas 16 GB, memori internal yang benar-benar bisa digunakan pengguna hanyalah 8,56 GB, atau 54 persennya. Sementara iPhone 5C 16 GB, masih menyisakan memori internal untuk pengguna sebesar 12,6 GB atau 79 persennya.

Smartphone lain yang tergolong royal dalam menyisakan kapasitas penyimpanan internalnya adalah Nexus 5 dengan kapasitas 12,28 GB (77 persen), dan iPhone 5S dengan memori internal tersisa 12,2 GB (76 persen). Semua dalam varian 16 GB. Daftar sisa memori dari beberapa smartphone dapat dilihat dari gambar di bawah.

Jika memori internal smartphone-smartphone yang disebut di atas masih kurang, pengguna masih bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memasang dengan kartu memori, yang menjadi penyimpanan eksternal, atau di luar sistem smartphone.

Karena itu, jangan selalu percaya dengan penawaran kapasitas memori yang besar. Semua smartphone harus mengorbankan memori internalnya untuk sistem operasi. Makin banyak fitur dan aplikasi preloaded, maka memori internal yang tersisa makin kecil.


Kapasitas storage internal smartphone.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Which?

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com