Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digugat BlackBerry, Typo Masih Jual Keyboard iPhone

Kompas.com - 27/01/2014, 17:34 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - BlackBerry telah mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan Typo Products pada Januari 2014 lalu, karena membuat aksesori pelindung ponsel dengan keyboard fisik yang desainnya mirip keyboard BlackBerry. Typo akan terus menjual produknya ke pasar selama belum ada putusan dari pengadilan.

Dalam gugatannya di pengadilan distrik utara California, AS, BlackBerry meminta hakim untuk memblokir penjualan produk yang diberi nama Typo Keyboard itu. BlackBerry juga mengatakan, produk itu melanggar paten dan menyalin desain keyboard-nya.

BlackBerry mengklaim pihaknya akan menderita “kerugian yang tak dapat diperbaiki” jika Typo terus menjual produknya.

Typo Keyboard didesain untuk ponsel pintar Apple iPhone 5 dan iPhone 5S. Produk ini dihargai 99 dollar AS. Dengan memakai Typo Keyboard, produk iPhone terlihat seperti ponsel BlackBerry. Namun, BlackBerry tidak menyeret Apple dalam kasus ini.

Meski telah digugat, tapi Typo masih menjual produknya ke pasar selama karena pengadilan belum mengeluarkan putusan.

Pengiriman tahap pertama telah dilakukan dan terjual habis. Perusahaan asal Los Angeles, California, ini, sedang bersiap mengirimkan produk untuk tahap kedua pada Februari 2014.

Sidang perdana BlackBerry melawan Typo akan berlangsung pada 5 Maret mendatang. BlackBerry meminta agar Typo tidak menjual, menawarkan, memasarkan, dan mendistribusikan Typo Keyboard.

“Meskipun kami menghormati BlackBerry dan kekayaan intelektualnya, kami percaya bahwa klaim BlackBerry dalam menggugat Typo kurang patut dan kami berniat untuk melawan kasus ini dengan penuh semangat,” ujar juru bicara Typo Products, Erika Gutierrez, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (25/1/2014).

Perusahaan Typo Products didirikan oleh Ryan Seacrest, seorang produser radio dan televisi, serta pembawa acara ajang pencarian bakat American Idol.

Seacrest telah berinvestasi hingga 1 juta dollar AS untuk Typo, dan berjanji akan menambah investasinya menjadi 5 juta dollar AS. Butuh dua tahun bagi perusahaan untuk mengembangkan produk aksesori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com