Akhiri Perang Paten, Samsung Rela Bayar ke Ericsson

Kompas.com - 28/01/2014, 12:09 WIB
CEO Ericsson, Hans Vestberg JOSEP LAGO/AFPCEO Ericsson, Hans Vestberg
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Perusahaan penyedia infrastruktur dan layanan telekomunikasi Ericsson sepakat untuk mengakhiri sengketa hukum hak patennya dengan Samsung, Senin (27/1/2014).

Seperti dikutip dari Reuters, Ericsson mengatakan kesepakatan tersebut meliputi pembayaran awal dan pembayaran royalti paten dari Samsung. Hal ini akan memengaruhi arus kas operasional Ericsson pada awal 2014.

Ericsson menyatakan, penyelesaian sengketa paten akan berdampak pada penjualan kuartal keempat 2013 sebesar 652 juta dollar AS dengan laba bersih 512 juta dollar AS.

"Kesepakatan ini memungkinkan kami untuk terus fokus membawa teknologi baru ke pasar global dan menyediakan insentif untuk inovator lain agar dapat berbagi ide," kata Kasim Alfalahi, Chief Intellectual Property Officer Ericsson.

Sengketa paten di antara kedua perusahaan berlangsung sejak November 2012. Kala itu, Ericsson menggugat Samsung atas 24 paten standar esensi nirkabel miliknya.

Ericsson, yang berasal dari Swedia, memiliki lebih dari 33.000 paten, mencakup teknologi kunci untuk jaringan 2G, 3G, dan 4G.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X