Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Samsung Merajai Pembelian Chip

Kompas.com - 28/01/2014, 17:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Digitimes

KOMPAS.com - Dua vendor perangkat mobile, Apple dan Samsung, menjadi konsumen pembeli chip terbesar sepanjang tahun 2013, menurut survei yang dilakukan lembaga riset Gartner.

Baik Apple dan Samsung jika digabungkan keduanya menghabiskan dana sebesar 53,7 miliar dollar AS untuk membeli chip semikonduktor tahun lalu. Belanja chip keduanya naik 7 miliar dollar AS atau 15,2 persen dibandingkan tahun 2012.

Apple dan Samsung mendominasi pangsa pasar chip sebesar 17 persen, dan keduanya memang telah mendominasi pembelian chip selama tiga tahun berturut-turut.

"Apple dan Samsung mendominasi pembelian chip selama tiga tahun, kedua perusahaan juga berkembang pesat selama itu," ujar Masatsune Yamaji, Principal Research Analyts Gartner. "Selain itu, keputusan-keputusan yang dibuat Apple dan Samsung memiliki pengaruh besar pada teknologi dan harga jual industri semikonduktor," imbuh Yamaji.

Sementara vendor China, Lenovo, berada di peringkat empat pembeli semikonduktor berkat lini produk komputer pribadi (personal computer/PC) dan bisnis smartphone mereka. Huawei juga termasuk dalam daftar 10 teratas untuk pertama kalinya.

Kesepuluh perusahaan tersebut secara total menghabiskan dana 114 miliar dollar AS, dan menyumbang 36 persen keuntungan bagi produsen chip. Di tahun 2012, dana yang dihabiskan adalah 105 miliar dollar AS atau sebesar 35 persen dari total keuntungan.

Gartner memprediksi tahun depan akan semakin banyak permintaan semikonduktor dari vendor China. Namun bisnis chip diharapkan tidak hanya tumbuh di negeri tirai bambu ini, namun juga di negara-negara berkembang seperti Amerika Latin dan Afrika.

Namun, dikutip dari Digitimes (24/1/2014), dibalik bisnis yang berkembang pesat ini, ada ketakutan di pihak produsen semikonduktor. Karena, smartphone dan tablet saat ini semakin populer dibanding PC.

Sementara jumlah silikon yang dipakai smartphone dan tablet lebih sedikit dibanding yang digunakan di PC. Karena itu, di masa depan permintaan semikonduktor dikhawatirkan bakal semakin menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digitimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com