Apple Patenkan MacBook Tenaga Surya

Kompas.com - 29/01/2014, 10:58 WIB
Apple MacBook Air AppleApple MacBook Air
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Laptop Apple MacBook Air

KOMPAS.com — Apple kembali memperoleh paten baru. Kali ini, pada Selasa (28/1/2014) kemarin, produsen elektronik berlambang buah Apple itu diganjar hak paten atas teknologi bernama "electronic device display module" oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Teknologi tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh BGR, berupa layar tambahan yang dipasang di sisi belakang layar laptop MacBook besutan Apple. Selain memuat logo Apple, layar ini nantinya bakal berperan sebagai touchscreen sekaligus panel surya untuk mengumpulkan energi listrik dari sinar matahari.

Jadi, akan ada dua layar, sebuah display laptop konvensional di tempat yang biasa serta layar tambahan di sisi belakangnya yang berfungsi sebagai touchscreen dan panel surya.

Apple/ USPTO Diagram dalam paten teknologi MacBook tenaga surya

Layar merangkap panel surya ini bisa dibuat dengan bahan kaca khusus yang transparan sehingga cahaya bisa mencapai rangkaian sel surya di baliknya. Kaca ini juga bisa menampilkan logo, layar LCD, dan sensor sentuhan jenis capacitive. Material lain seperti logam, keramik, dan plastik komposit bisa turut digunakan.

Terbitnya paten tersebut bukan berarti MacBook yang akan datang bakal segera dilengkapi touchscreen dan panel surya. Namun, setidaknya hal tersebut telah menunjukkan ketertarikan perusahaan itu dalam pemanfaatan energi matahari di perangkat elektronik.

Belakangan, analis juga memperkirakan bahwa Apple bakal merilis iPhone yang dibekali dengan kaca berbahan kristal safir dan panel surya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.