Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan MacBook Tenaga Surya

Kompas.com - 29/01/2014, 10:58 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Laptop Apple MacBook Air

KOMPAS.com — Apple kembali memperoleh paten baru. Kali ini, pada Selasa (28/1/2014) kemarin, produsen elektronik berlambang buah Apple itu diganjar hak paten atas teknologi bernama "electronic device display module" oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Teknologi tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh BGR, berupa layar tambahan yang dipasang di sisi belakang layar laptop MacBook besutan Apple. Selain memuat logo Apple, layar ini nantinya bakal berperan sebagai touchscreen sekaligus panel surya untuk mengumpulkan energi listrik dari sinar matahari.

Jadi, akan ada dua layar, sebuah display laptop konvensional di tempat yang biasa serta layar tambahan di sisi belakangnya yang berfungsi sebagai touchscreen dan panel surya.

Apple/ USPTO Diagram dalam paten teknologi MacBook tenaga surya

Layar merangkap panel surya ini bisa dibuat dengan bahan kaca khusus yang transparan sehingga cahaya bisa mencapai rangkaian sel surya di baliknya. Kaca ini juga bisa menampilkan logo, layar LCD, dan sensor sentuhan jenis capacitive. Material lain seperti logam, keramik, dan plastik komposit bisa turut digunakan.

Terbitnya paten tersebut bukan berarti MacBook yang akan datang bakal segera dilengkapi touchscreen dan panel surya. Namun, setidaknya hal tersebut telah menunjukkan ketertarikan perusahaan itu dalam pemanfaatan energi matahari di perangkat elektronik.

Belakangan, analis juga memperkirakan bahwa Apple bakal merilis iPhone yang dibekali dengan kaca berbahan kristal safir dan panel surya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com