Menikmati Video Cara Chromecast

Kompas.com - 29/01/2014, 14:27 WIB

Google Chromecast

KOMPAS.com - Chromecast diperkenalkan Google pada akhir 2013. Produk ini pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi, selama terhubung dalam jaringan yang sama.

Dongle Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI, dan mendapatkan sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC. Google mengatakan jika koneksi yang dimiliki adalah HDMI 4.1, maka Chromecast tidak membutuhkan sumber daya lain.

Dimensi Chromecast cukup kecil, seperti dongle Internet. Dalam paket penjualannya, Google menyertakan satu kabel daya (koneksi mini HDMI - USB), satu kabel adapter penyambung HDMI, charger, serta buku manual.

oik yusuf/ kompas.com
Google Chromecast terpasang ke port HDMI di televisi

Instalasi

Dalam pemasangannya, Chromecast cukup dipasang di konektor HDMI TV dan colokan USB atau listrik untuk mendapatkan daya. Pertama kali dihubungkan, Chromecast akan meminta pengguna untuk melakukan setup melalui perangkat yang igin dipakai, seperti smartphone atau laptop dengan mengunjungi halaman google.com/chromecast/setup dan mengunduh aplikasi untuk Mac, PC, atau Android.

Dari situ pengguna akan dituntun melakukan instalasi yang cukup mudah. Pengguna harus menghubungkan Chromecast dalam jaringan WiFi yang ada. Jika ingin memasangkannya dengan laptop, pengguna harus meng-install plug-in Google Cast di browser Chrome mereka.

Sementara jika ingin melakukan streaming video, pengguna bisa melakukan update terbaru aplikasi YouTube, Netflix, atau aplikasi lain yang didukung Chromecast seperti Google Play Movies dan Google Play Music.

oik yusuf/ kompas.com Perbandingan Google Chromecast dengan koin Rp 1.000

Aplikasi-aplikasi video streaming dalam update terbarunya telah mendukung Chromecast. Terdapat ikon khusus di tiap aplikasi yang bisa diaktifkan jika ingin melakukan streaming video dari smartphone apa saja ke TV.

Inilah kelebihannya, Google tak membatasi pengguna Chromecast menggunakan sistem operasi yang sama dalam semua perangkatnya. Pengguna smartphone Android atau iOS sama-sama bisa terhubung dengan Chromecast dan menikmati konten video di TV.

Melalui Chromecast, smartphone tidak melakukan streaming ke dongle. Melainkan, memerintah dongle untuk menjalankan suatu video yang terdapat dalam cloud. Karena itu pengguna tetap bisa menggunakan smartphone untuk apa saja saat streaming telah dimulai.

Dongle juga tidak terbatas pada satu akun video streaming tertentu. Jadi semua perangkat yang terhubung dengan Chromecast, walau memiliki akun berbeda-beda, bisa tetap menikmati konten video di TV.

oik yusuf/ kompas.com
Google Chromecast hanya berukuran sebesar USB flash disk atau modem

Pemutaran video

Video yang dijalankan melalui Chromecast tergantung pada koneksi Internet. Pengguna juga bisa memilih kualitas video yang ingin ditampilkan jika tersedia pilihannya, seperti dalam YouTube. Namun sayangnya saat dicoba dengan laptop melalui browser, kualitas video yang ditampilkan lebih rendah dari seharusnya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorWicak Hidayat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X