Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Android Nokia Bocor Lagi

Kompas.com - 29/01/2014, 15:14 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, gosip mengenai Nokia "Normandy" semakin santer terdengar. Bocoran informasi terbaru kembali memperlihatkan spesifikasi hardware dari ponsel Android low-end ini.

Informasi spesifikasi ini dibocorkan oleh @evleaks melalui linimasa Twitter. Evleaks sendiri dikenal gemar membocorkan informasi seputar perangkat gadget yang bahkan belum diperkenalkan. Biasanya, informasi dari akun Twitter ini terbukti benar.

Menurut Evleaks, perangkat yang disebutnya sebagai Nokia X ini akan dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 1 GHz dual-core, layar 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel, dan RAM 512 MB.

Produk tersebut juga akan dilengkapi media penyimpanan berkapasitas 4 GB yang dapat ditambah menggunakan kartu microSD, kamera belakang 5 megapiksel, dan baterai 1.500 mAh.

Masih berdasarkan "kicauan" Evleaks, perangkat Nokia Android ini tampaknya tidak akan menggunakan toko aplikasi Google Play Store. Sebagai gantinya, ia akan menggunakan toko digital milik Nokia sendiri, yaitu Nokia Store.

Kepada KompasTekno, seorang sumber tepercaya yang telah melihat langsung Normandy mengatakan Nokia memang akan menghilangkan semua layanan Google, seperti Play Store dan Google Maps.

Sebagai ganti Play Store, Nokia X yang dibekali Android 4.4 (Kitkat) bisa mengunduh aplikasi-aplikasi Android dari Nokia Store. Untuk aplikasi pengganti Google Maps, Normandy akan dibekali aplikasi peta andalan Nokia, Here.

Nokia X juga akan memiliki dukungan terhadap penggunaan dua kartu SIM sekaligus. Selain itu, perangkat tersebut tampaknya akan memiliki casing berwarna-warni, mirip dengan apa yang diadopsi Nokia di perangkat Lumia. Evleaks membocorkan, produk ini akan dirilis dengan enam pilihan warna.

Sebelumnya, informasi spesifikasi Nokia "Normandy" sempat nongol di situs online retailer The Gioididong.com asal Vietnam. Informasi yang disajikan di situs tersebut tidak jauh berbeda dari apa yang dibocorkan oleh Evleaks.

Informasi pemakaian sistem operasi Android di ponsel Normandy didapatkan kali pertama oleh situs The Verge dari beberapa sumber.

Menurut prediksi situs teknologi tersebut, ponsel "misterius" Nokia ini tidak menggunakan versi Android yang sama dengan milik Google. Nokia tampaknya akan menggunakan Android yang telah dimodifikasi, sama seperti yang dilakukan Amazon pada produk tabletnya, Kindle Fire.

Tujuan penggunaan Android yang dimodifikasi tersebut adalah menyesuaikan sepenuhnya penggunaan sistem operasi Google tersebut di perangkat milik Nokia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com