Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2014, 09:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - AMD mengumumkan rencananya membuat CPU server berbasis ARM pada 2012 silam. Kini, rencana itu telah mulai terwujud dengan diumumkannya "Seattle", CPU pertama dari perusahaan itu yang berbasis ARM.

Dikutip dari ZDNet, Rabu (29/1/2014), Seattle adalah seri prosesor untuk perangkat server yang akan memiliki nama resmi Opteron A Series. Model pertama dari lini produk ini adalah Opteron A1100 yang dibekali 4 atau 8 buah core ARM Cortex-A57. Core tersebut mengusung arsitektur 64-bit dan berjalan dengan kecepatan hingga 2 GHz.

Chip baru AMD ini akan turut dilengkapi cache level 2 sebesar 4 MB dan level 3 sebesar 8 MB.  Dukungan memori mencakup DDR3 dan DDR4, dengan kapasitas hingga 128 GB.

Konektivitas yang dimiliki termasuk delapan jalur PCIe versi 3.0, delapan port SATA 3, dan dua port Ethernet berkecepatan 10 Gigabit. Ada pula engine untuk kriptografi dan kompresi. Konsumsi daya Opteron A series disebut hanya sekitar 25 watt.

Wakil presiden korporat dan manajer umum unit bisnis server AMD Andrew Feldman mengatakan bahwa "Seattle" bukan hanya menandai komitmen perusahaan itu di ekosistem ARM di lingkungan server, tapi juga dimulainya sebuah era baru.

"Kami melaju ke depan dalam komunitas ARM," ujar Feldman. Dia menambahkan bahwa CPU berbasis ARM bakal memegang peranan penting di data center masa depan, dengan menguasai hingga seperempat pangsa pasar server pada 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber ZDNet

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com