Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X-T1, Kamera Retro "Tahan Cuaca" dari Fujifilm

Kompas.com - 30/01/2014, 13:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Setelah informasinya sempat dibocorkan, Fujifilm akhirnya benar-benar memperkenalkan X-T1, kamera mirrorless bergaya retro yang dilengkapi kemampuan "tahan cuaca" alias weather sealing.

Dengan demikian, X-T1 seharusnya bisa tetap beroperasi dengan baik di kondisi yang kurang bersahabat dengan kamera pada umumnya, seperti ketika hujan, berdebu, dan bersalju (hingga -14 derajat Celsius)

Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, kamera ini merupakan model mirrorless pertama dari Fujifilm yang dibekali kemampuan weather sealing. Untuk melengkapi X-T1, Fujifilm turut merilis tiga buah lensa zoom tahan cuaca, yaitu XF 18-135mm f/3.5-5.6 R OIS WR, XF 16-55 f/2.8 R OIS WR, dan XF 50-140mm f/2.8 R OIS WR.

Tentu, X-T1 juga bisa dipasangkan dengan lensa-lensa mirrorless Fujifilm yang sudah beredar sebelumnya. Tapi kapabilitas weather sealing hanya bisa dimanfaatkan sepenuhnya apabila kamera ini digunakan bersama tiga lensa khusus di atas.

Fuji juga menyediakan aksesori battery grip vertikal yang sama-sama dilengkapi weather sealing.

Fujifilm X-T1 berbentuk mirip DSLR dengan "punuk" yang memuat jendela bidik elektronik (EVF) OLED dengan resolusi 2,36 megapixel. Sensor penangkap gambarnya dari jenis X-Trans CMOS II 16 megapixel (ISO 100-25600) dipasangkan dengan prosesor gambar EXR Processor II.

Spesifikasi lain mencakup tilting-LCD 3 inci, burst rate 8 FPS dengan continuous AF, serta dukungan kartu memori jenis SDXC UHS-II yang kecepatan tulisnya dua kali lebih kencang dibandingkan kartu SD standar.

Fujifilm akan mulai mengapalkan X-T1 pada Februari mendatang. Harganya dipatok sebesar 1.300 dollar AS untuk versi body-only dan 1.700 dollar AS untuk kit dengan lensa XF 18-55 f/2.8-4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com