X-T1, Kamera Retro "Tahan Cuaca" dari Fujifilm

Kompas.com - 30/01/2014, 13:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah informasinya sempat dibocorkan, Fujifilm akhirnya benar-benar memperkenalkan X-T1, kamera mirrorless bergaya retro yang dilengkapi kemampuan "tahan cuaca" alias weather sealing.

Dengan demikian, X-T1 seharusnya bisa tetap beroperasi dengan baik di kondisi yang kurang bersahabat dengan kamera pada umumnya, seperti ketika hujan, berdebu, dan bersalju (hingga -14 derajat Celsius)

Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, kamera ini merupakan model mirrorless pertama dari Fujifilm yang dibekali kemampuan weather sealing. Untuk melengkapi X-T1, Fujifilm turut merilis tiga buah lensa zoom tahan cuaca, yaitu XF 18-135mm f/3.5-5.6 R OIS WR, XF 16-55 f/2.8 R OIS WR, dan XF 50-140mm f/2.8 R OIS WR.

Tentu, X-T1 juga bisa dipasangkan dengan lensa-lensa mirrorless Fujifilm yang sudah beredar sebelumnya. Tapi kapabilitas weather sealing hanya bisa dimanfaatkan sepenuhnya apabila kamera ini digunakan bersama tiga lensa khusus di atas.

Fuji juga menyediakan aksesori battery grip vertikal yang sama-sama dilengkapi weather sealing.

Fujifilm X-T1 berbentuk mirip DSLR dengan "punuk" yang memuat jendela bidik elektronik (EVF) OLED dengan resolusi 2,36 megapixel. Sensor penangkap gambarnya dari jenis X-Trans CMOS II 16 megapixel (ISO 100-25600) dipasangkan dengan prosesor gambar EXR Processor II.

Spesifikasi lain mencakup tilting-LCD 3 inci, burst rate 8 FPS dengan continuous AF, serta dukungan kartu memori jenis SDXC UHS-II yang kecepatan tulisnya dua kali lebih kencang dibandingkan kartu SD standar.

Fujifilm akan mulai mengapalkan X-T1 pada Februari mendatang. Harganya dipatok sebesar 1.300 dollar AS untuk versi body-only dan 1.700 dollar AS untuk kit dengan lensa XF 18-55 f/2.8-4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.