Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Tablet Murah Bakal Berdiri di Batam

Kompas.com - 30/01/2014, 17:21 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, mengatakan Indonesia sedang menyiapkan pabrik untuk memproduksi komputer tablet dengan harga terjangkau. Pabrik ini dibangun oleh pihak swasta.

Tifatul mengatakan, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) bekerjasama dengan beberapa pengusaha untuk membangun pabrik tersebut. Namun, ia tidak memberi informasi detail kapan dan di mana pabrik itu akan dibangun.

“Harga tablet yang diproduksi di sana diharapkan tidak lebih dari Rp 800.000. Tablet lokal dengan harga murah yang bisa dipakai mahasiswa,” kata Tifatul usai jumpa pers di Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Untuk penyediaan komponen perangkat keras, itu menjadi hak produsen, apakah mereka ingin membuat sendiri atau memesan dari luar negeri. Tifatul mengatakan, penyedia perangkat keras dari China biasanya telah memproduksi komponen secara massal, sehingga harganya jadi lebih murah.

Tifatul memandang industri perangkat lunak di Indonesia sedang berkembang, yang ditandai bertumbuhnya perusahaan rintisan berbasis internet atau digital. Dari sisi perekonomian, lanjut Tifatul, industri perangkat lunak sangat menjanjikan.

“Jadi, hardware-nya tidak harus produksi sendiri. Kita bisa unggul dari sisi software atau aplikasi,” tutup Tifatul.

Ia menegaskan, Indonesia telah memiliki pabrik perakitan produk elektronik di Batam, Kepulauan Riau. Ada pula pabrik di Cileungsi, Bogor.

Produsen ponsel BlackBerry, memanfaatkan pabrik di Indonesia untuk memproduksi komponen baterai, earphone, dan motor yang berfungsi untuk menggetarkan ponsel (vibration).

Perusahaan pemanufaktur produk teknologi Foxconn asal Taiwan, memandang Indonesia berpotensi menjadi pusat manufaktur dunia, bahkan bisa menggantikan China. Chairman Foxconn, Terry Gou mengatakan, Indonesia akan menjadi prioritas utamanya untuk investasi di tahun ini.

Foxconn telah menandatangani kontrak kerjasama dengan BlackBerry untuk memproduksi ponsel pintar berbasis BlackBerry 10 di Indonesia. BlackBerry ingin memasarkan lebih banyak ponsel di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com