Kompas.com - 31/01/2014, 09:28 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Mereka yang mengikuti proses suksesi pucuk pimpinan Microsoft mungkin sudah merasa jenuh. Lebih dari enam bulan semenjak Steve Ballmer menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO, penggantinya belum ditentukan.

Kandidat penerus Ballmer pun datang dan pergi. Bukan hanya dari internal Microsft saja, melainkan juga CEO dari perusahaan lain, seperti Stephen Elop dan Alan Mullaly.

Saat satu nama mereka dimunculkan, di saat lain kandidat tersebut mengundurkan diri atau tidak disetujui dewan direksi. Proses ini seperti menguras energi.

Karyawan internal Microsoft sendiri pun juga sudah bosan menunggu. "Yang kami lakukan selama ini hanya diam dan menunggu," ujar salah satu eksekutif Microsoft kepada jurnalis Recode, Kara Swisher.

"Tak ada yang tahu apa keinginan CEO baru, jadi semuanya bingung mau mengerjakan apa," imbuhnya seperti dimuat dalam situs Recode (30/1/2014).

Namun, Swisher mengatakan jika penantian panjang itu akan segera berakhir minggu depan (awal Februari 2014). Sumber dalam Microsoft yang tak mau disebut namanya mengonfirmasikan bahwa direksi Microsoft akan mengumumkan CEO baru paling cepat pada awal Februari 2014.

Kandidat terkuat yang bakal menggantikan Ballmer adalah orang dalam Microsoft sendiri, yaitu Satya Nadella, yang kini masih menjabat sebagai VP Microsoft Cloud Enterprise Group.

Nama Nadella mencuat karena dirinya dianggap sosok yang paling tidak kontroversial. Sebagian besar karyawan Microsoft juga lebih memilih Nadella sebagai pimpinan mereka dengan alasan bahwa perusahaan sebesar Microsoft terlau rumit jika dikelola oleh orang luar.

Sebelumnya, Microsoft berencana memilih CEO baru pada awal Januari 2014. Namun, rencana tersebut tertunda karena mundurnya salah satu calon CEO serta jadwal yang berdekatan dengan pidato tahunan chairman Microsoft, Bill Gates, untuk yayasan yang dikelolanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.