CEO Lenovo: Ini Kisah Cinta Yang Indah

Kompas.com - 31/01/2014, 13:46 WIB
CEO Lenovo, Yuanqing Yang CEO Lenovo, Yuanqing Yang
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - CEO Lenovo, Yuanqing Yang mengatakan bahwa pembelian bisnis Motorola dari Google ibarat kisah cinta yang berakhir bahagia.

"Ini adalah kisah cinta yang indah," ujar Yang kepada wartawan Fortune (30/1/2014). Yang berkisah bahwasanya Lenovo sudah jatuh hati dengan Motorola sebelum dibeli Google.

Namun, Motorola ternyata memilih pinangan Google pada tahun 2011 yang lalu. CEO Google, Eric Schmidt pun sudah tahu saat itu jika Lenovo sebenarnya menaruh hati pada Motorola.

Hari berganti hari, dan tahun pun berganti, hingga akhirnya dua bulan yang lalu Yang menghubungi Schmidt melalui telepon. Di tengah perbincangan tersebut, Schmidt pun bertanya kepada Yang, "Hei, kamu masih tertarik dengan Motorola?"

Yang pun menjawabnya cepat, "Tentu saja masih!"

Yang dan Schmidt pun kemudian bertemu dan membahas berbagai kemungkinan tentang pembelian unit bisnis Motorola dari Google. Hal itu termasuk hak paten Motorola yang akan tetap dimiliki Google.

"(Prosesnya) sangat cepat hingga akhirnya kita berdua sepakat," terang Yang merujuk pada proses akusisi yang hanya dilakukan dalam dua bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lenovo akan membayar 600 juta dollar AS dalam bentuk uang tunai dan 750 juta dollar AS dalam bentuk saham biasa. Selain itu, sejumlah 1,5 miliar dollar AS akan dibayarkan dalam bentuk surat utang.

Lalu diumumkanlah pada Rabu (29/1/2014) lalu secara remi, Lenovo "membawa pulang" Motorola dari Google. Keduanya kini bersatu setelah sempat ada Google di antara mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, nilai transaksi yang disepakati kedua perusahaan mencapai 2,91 miliar dollar AS. Angka tersebut kurang dari seperempat biaya yang dikeluarkan Google saat meminang Motorola.

Kini baik Lenovo maupun Motorola sedang menunggu pengesahan mereka sebagai pasangan resmi, baik dari Pemerintah AS dan China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.