Kompas.com - 31/01/2014, 16:59 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Konsol game Xbox One

KOMPAS.com - Tak lama setelah resmi diluncurkan ke pasaran, konsol game Xbox One segera dibanding-bandingkan dengan pesaingnya, PlayStation 4 (PS4).

Belakangan, diketahui bahwa kinerja konsol game besutan Microsoft ini tak seperkasa PS4. Performa Xbox One tertinggal dari PS4 dalam sejumlah game, misalnya Tomb Raider Definitive Edition di PS4 mampu membuahkan frame rate 60 FPS sementara di Xbox One harus puas dengan 30 FPS.

Dalam game lain, PS4 menyajikan tampilan full-HD (1920x1080) sementara Xbox terpaku pada resolusi yang lebih rendah.  Hal itu disebut berkenaan dengan spesifikasi hardware Xbox One yang sedikit inferior dibandingkan dengan PlayStation 4.

Nah, sebagaimana diberitakan oleh Pocket Lint, demi mengejar ketertinggalan tersebut, Microsoft kabarnya bakal "mengakali" Xbox One dengan melepaskan sebagian beban pemrosesan dari unit grafis (GPU) konsol itu.

Saat ini sekitar 8 persen sumberdaya GPU Xbox One dialokasikan untuk pemrosesan video dari aksesoris motion controller Kinect. Dengan menghilangkan beban tersebut, maka akan diperoleh sedikit peningkatan kinerja  yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang game.

Meski demikian, kalaupun benar terwujud, tweaking Microsoft itu seharusnya masih belum mampu membuat Xbox One menyamai kinerja PS4. Penerapan hal ini pun membutuhkan patch software untuk Xbox One yang sudah beredar.

Masih belum diketahui pula apakah peningkatan performa 8 persen tersebut akan bisa dirasakan oleh pemain Xbox One.

Salah satu poin keunggulan PS4 terletak pada arsitektur unified memory yang memudahkan developer dalam mengembangkan game. Memori SRAM milik Xbox One lebih sulit digunakan dalam pengembangan game, tapi hal ini bisa diatasi seiring dengan semakin terbiasanya developer game dengan konsol tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.