Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Lenovo Kalahkan Apple dan Samsung

Kompas.com - 31/01/2014, 20:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Akuisisi Motorola oleh Lenovo dari Google mengubah peta persaingan pasar smartphone. Pabrikan smartphone China tersebut secara teori akan menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, mengalahkan Huawei dan LG.

Kini, Lenovo bersiap melakukan langkah berikutnya, menantang dominasi Apple dan Samsung yang berada di peringkat satu dan dua pasar smartphone dunia.

"Tentu saja, dari dahulu kami sudah berencana untuk mengalahkan mereka," ujar CEO Lenovo, Yuanqing Yang, seperti dikatakan kepada Fortune, Kamis (30/1/2014).

Setelah Lenovo membeli Motorola, Yang menargetkan perusahaannya bisa menjual 100 juta smartphone pada tahun 2015 nanti. Angka tersebut jumlahnya dua kali lipat total penjualan Lenovo dan Motorola pada 2013.

Strategi Yang adalah terus membanjiri pasar China dengan smartphone Lenovo sembari berekspansi di pasar Amerika Serikat dengan merek Motorola. Selain AS, Lenovo juga akan memasarkan Motorola di Amerika Latin dan Eropa.

Di pasar China sendiri Lenovo menjadi vendor terbesar kedua, sementara pangsa pasar Apple dari tahun ke tahun kian menurun. Pada 2011 lalu, Apple menjadi vendor terbesar ketiga di China. Namun, hingga akhir 2013, prestasinya melorot menjadi urutan enam.

Para pengamat mengatakan, berkurangnya pangsa pasar Apple di China dikarenakan perusahaan tersebut tidak memiliki perangkat low end yang dijual murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com