Ambisi Lenovo Kalahkan Apple dan Samsung

Kompas.com - 31/01/2014, 20:29 WIB
Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Akuisisi Motorola oleh Lenovo dari Google mengubah peta persaingan pasar smartphone. Pabrikan smartphone China tersebut secara teori akan menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, mengalahkan Huawei dan LG.

Kini, Lenovo bersiap melakukan langkah berikutnya, menantang dominasi Apple dan Samsung yang berada di peringkat satu dan dua pasar smartphone dunia.

"Tentu saja, dari dahulu kami sudah berencana untuk mengalahkan mereka," ujar CEO Lenovo, Yuanqing Yang, seperti dikatakan kepada Fortune, Kamis (30/1/2014).

Setelah Lenovo membeli Motorola, Yang menargetkan perusahaannya bisa menjual 100 juta smartphone pada tahun 2015 nanti. Angka tersebut jumlahnya dua kali lipat total penjualan Lenovo dan Motorola pada 2013.

Strategi Yang adalah terus membanjiri pasar China dengan smartphone Lenovo sembari berekspansi di pasar Amerika Serikat dengan merek Motorola. Selain AS, Lenovo juga akan memasarkan Motorola di Amerika Latin dan Eropa.

Di pasar China sendiri Lenovo menjadi vendor terbesar kedua, sementara pangsa pasar Apple dari tahun ke tahun kian menurun. Pada 2011 lalu, Apple menjadi vendor terbesar ketiga di China. Namun, hingga akhir 2013, prestasinya melorot menjadi urutan enam.

Para pengamat mengatakan, berkurangnya pangsa pasar Apple di China dikarenakan perusahaan tersebut tidak memiliki perangkat low end yang dijual murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.