Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Aplikasi Opera Banyak Dikunjungi Pengguna Indonesia

Kompas.com - 01/02/2014, 17:29 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Toko aplikasi mobile yang dikelola oleh Opera Software, mencatat rekor baru dalam hal jumlah pengunjung. Perusahaan melaporkan, jumlah pengunjung Opera Mobile Store mencapai 105 juta pengunjung per bulan pada kuartal empat 2013.

Toko aplikasi dan game untuk berbagai platform itu mengalami pertumbuhan pesat dalam 12 bulan terakhir, yaitu meningkat 172 persen sejak akhir 2012.

Pada 2013, Indonesia merupakan pengunjung Opera Mobile Store terbesar ketiga di dunia, setelah India dan Amerika Serikat. CEO Opera Software, Lars Boilesen mengatakan, hal ini membuktikan Opera Mobile Store tidak hanya terkenal di Asia saja, tetapi juga di Amerika Serikat.

Opera Mobile Store saat ini menawarkan lebih dari 200.000 aplikasi dan game untuk berbagai platform, termasuk Android, iOS, Java, BlackBerry, dan Symbian.

Pengguna perangkat Android paling banyak mengunjungi toko aplikasi ini. Hal itu bisa dilihat dari pengunduh aplikasi Android yang mencapai 42,7 persen, tumbuh 16,8 persen dalam setahun.

“Mobile Store Opera diluncurkan September 2011, berdasarkan teknologi Handster yang diakuisisi Opera. Hanya dalam kurun waktu sekitar dua tahun, Opera Mobile Store telah menunjukan pertumbuhan signifikan, dari 18 juta kunjungan pengguna perbulan ke 100 juta dan telah mengalami pertumbuhan jumlah aplikasi yang ditawarkan hingga lima kali lipat,” tutur Boilesen dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Para pengguna bisa mengakses Opera Mobile Store melalui aplikasi peramban Opera Mini, Mobile Classic dan Opera for Android. Pengguna juga bisa mengakses Opera Mobile Store dengan mengunjungi apps.opera.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.