Lensa Kamera iPhone Bakal Bisa Diganti-ganti?

Kompas.com - 02/02/2014, 08:39 WIB
Ilustrasi BGRIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Selain sebagai ponsel pintar, iPhone banyak digunakan sebagai alat fotografi. Berbagai aksesori lensa tambahan untuk gadget ini pun telah dirilis oleh pihak ketiga.

Kini, sebagaimana dilaporkan oleh BGR, Apple sendiri telah mematenkan teknlogi serupa yang lebih canggih untuk iPhone. Terdapat dua macam alat yang diterangkan dalam paten bernomer 8.636.369 dan 8.639.109 itu.

Alat pertama berupa  lensa tambahan yang bisa ditempelkan ke iPhone ataupun iPad dengan magnet dan serangkaian "celah pengatur posisi" agar lensa bisa duduk di tempatnya dengan benar.

Mounting lensa pada iPhone juga dilengkapi kontak listrik untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti motor autofokus dan image stabilizer.

Apple/ USPTO Diagram cover belakang dengan lensa yang bisa diganti-ganti pada paten Apple

Alat kedua melibatkan cover belakang khusus yang datang dengan berbagai opsi lensa berbeda. Cover belakang yang bisa diganti-ganti ini disebutkan hanya sedikit lebih tebal dibandingkan cover standar milik iPhone. Di dalam cover terdapat berbagai subsistem kamera seperti lensa dan sensor.

Teknologi-teknologi dalam paten pertama kali diajukan oleh Apple pada 2010. Minggu lalu, Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) memberikan hak atas paten-paten tersebut kepada Apple.

Belum diketahui kapan alat-alat lensa kamera dalam paten ini bakal terwujud. iPhone 6 yang gosipnya akan meluncur pada 2014 diprediksi belum akan dilengkapi dengan teknologi baru Apple tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BGR
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.