Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Kamera iPhone Bakal Bisa Diganti-ganti?

Kompas.com - 02/02/2014, 08:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Selain sebagai ponsel pintar, iPhone banyak digunakan sebagai alat fotografi. Berbagai aksesori lensa tambahan untuk gadget ini pun telah dirilis oleh pihak ketiga.

Kini, sebagaimana dilaporkan oleh BGR, Apple sendiri telah mematenkan teknlogi serupa yang lebih canggih untuk iPhone. Terdapat dua macam alat yang diterangkan dalam paten bernomer 8.636.369 dan 8.639.109 itu.

Alat pertama berupa  lensa tambahan yang bisa ditempelkan ke iPhone ataupun iPad dengan magnet dan serangkaian "celah pengatur posisi" agar lensa bisa duduk di tempatnya dengan benar.

Mounting lensa pada iPhone juga dilengkapi kontak listrik untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti motor autofokus dan image stabilizer.

Apple/ USPTO Diagram cover belakang dengan lensa yang bisa diganti-ganti pada paten Apple

Alat kedua melibatkan cover belakang khusus yang datang dengan berbagai opsi lensa berbeda. Cover belakang yang bisa diganti-ganti ini disebutkan hanya sedikit lebih tebal dibandingkan cover standar milik iPhone. Di dalam cover terdapat berbagai subsistem kamera seperti lensa dan sensor.

Teknologi-teknologi dalam paten pertama kali diajukan oleh Apple pada 2010. Minggu lalu, Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) memberikan hak atas paten-paten tersebut kepada Apple.

Belum diketahui kapan alat-alat lensa kamera dalam paten ini bakal terwujud. iPhone 6 yang gosipnya akan meluncur pada 2014 diprediksi belum akan dilengkapi dengan teknologi baru Apple tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com