Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bujuk Pemilik PS3 Beli Xbox One

Kompas.com - 03/02/2014, 08:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR,Geek.com
Ilustrasi

KOMPAS.com - Selang beberapa bulan setelah peluncurannya, konsol game Xbox One dari Microsoft terlihat mulai tertinggal dari rival beratnya, PlayStation 4 (PS4) dari Sony.

Pengumuman angka penjualan yang dilakukan oleh kedua belah pihak pada ajang CES 2014 awal Januari lalu menunjukkan bahwa jumlah Xbox One yang terjual hingga Desember 2013 lebih sedikit 1 juta unit dibanding PS4.

Microsoft agaknya merasakan ketertinggalan tersebut dan mulai berusaha mencari cara untuk mendongkrak penjualan Xbox One.

Salah satunya, sebagaimana dilaporkan oleh Geek.com, adalah dengan meluncurkan program tukar tambah dengan iming-iming potongan harga 100 dollar AS, bagi pemilik PlayStation 3 (PS3) -pendahulu PS4- yang menukar perangkatnya dengan Xbox One.

Dengan diskon tersebut, harga Xbox One terpotong menjadi 399 dollar AS sehingga menyamai PS4. Xbox One saat ini memang dijual lebih mahal dibandingkan PS4, yaitu 499 dollar AS.

BGR
Tawaran program tukar tambah PS3 dengan Xbox One dari Microsoft (kiri) dan respon yang diberikan oleh fans PS4

Akan tetapi, program bernama "Ditch your PS3" ini punya kelemahan besar di mana PS4 bisa diperoleh dengan harga yang sama tanpa harus repot-repot menukarkan PS3 dan kehilangan koleksi game yang bisa dimainkan dengan konsol tersebut.

Hal ini dimanfaatkan oleh fans PS4 dengan mengeluarkan respons yang isinya menganjurkan pemilik PS3 agar jangan termakan rayuan Microsoft, sebagaimana bisa dilihat dalam contoh di atas.

Baik PS4 maupun Xbox One memang tidak kompatibel dengan game yang ditulis untuk konsol generasi sebelumnya (PS3 dan Xbox 360).

Sayang, Microsoft tidak memasarkan Xbox One di Indonesia. Akan halnya PS4, perangkat ini telah resmi memasuki pasaran Tanah Air dengan banderol harga Rp 7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR,Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com