SuaraBdg, agar Pemkot Bandung Makin Transparan

Kompas.com - 03/02/2014, 11:53 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Dua perusahaan rintisan digital dari Bandung, NoLimit dan Rolling Glory (RGB), bekerja sama membuat aplikasi bernama SuaraBandung, yang bertujuan meningkatkan transparansi dan partisipasi publik di kota itu melalui media sosial.

SuaraBandung (suarabdg.com) merupakan sebuah aplikasi web yang menampilkan performa, saran, dan kritik dari tiap akun dinas Pemerintah Kota Bandung. Di sana terdapat 24 akun Twitter dinas, mulai dari PDAM, dinas kebersihan, dinas pendidikan, dinas sosial, dinas perhubungan, hingga Satpol PP Kota Bandung.

Suara Bandung memiliki dua halaman utama, yaitu halaman depan dan halaman akun Twitter dari setiap dinas.

Pada halaman depan ditampilkan pemeringkatan dari akun yang didasarkan atas tingkat respons. Nah, tingkat respons yang tinggi menunjukkan bahwa akun tersebut tanggap terhadap keluhan atau aspirasi masyarakat.

Sementara itu, halaman akun dinas menunjukkan performa yang lebih detail dari tiap akun. Di dalam halaman ini juga ditunjukkan kategori dari aspirasi yang masuk sehingga dapat terlihat hal yang menjadi perhatian masyarakat.

Pengguna juga dapat melihat persentase responsif dan sentimen yang diterima dinas. Di sana juga terlihat kicauan-kicauan masalah dan keluhan dari masyarakat, serta respons dari setiap dinas.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memang meminta setiap dinas yang ada di kota itu untuk memiliki akun Twitter. Adanya akun media sosial diharapkan dapat meningkatkan kesempatan masyarakat untuk memberikan aspirasi kepada Pemerintah Kota Bandung.

CEO NoLimit, Aqsath Rasyid Naradhipa, berharap aplikasi SuaraBandung dapat digunakan untuk mendekatkan masyarakat kepada pemerintah dalam menyampaikan aspirasi. Dengan meningkatnya transparansi, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga akan meningkat. Hal ini diharapkan dapat menjadi fondasi awal untuk meningkatkan kolaborasi dalam pembangunan kota ke arah yang lebih baik.

Masyarakat Bandung dapat berpartisipasi dalam menyampaikan aspirasinya menggunakan Twitter dengan cara mention akun dari dinas terkait dan menggunakan tanda pagar #suarabdg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.