Satya Nadella, CEO Baru Microsoft Kelahiran India

Kompas.com - 05/02/2014, 09:47 WIB
CEO Microsoft, Satya Nadella MicrosoftCEO Microsoft, Satya Nadella
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pencarian CEO baru Microsoft akhirnya berakhir. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia itu menunjuk Satya Nadella sebagai nakhoda baru yang akan menentukan arah pada masa depan.

Nadella menggantikan CEO Microsoft sebelumnya, Steve Ballmer, yang memutuskan pensiun dini. "Ini adalah sebuah kehormatan yang luar biasa bagi saya untuk memimpin dan melayani perusahaan besar kita," kata Nadella dalam sebuah e-mail kepada karyawan, Selasa (4/1/2014).

Dalam situs web pengumuman CEO baru Microsoft, tertulis bahwa Nadella punya hobi soal puisi dan bermain kriket.

Di India, negara asal Nadella, kriket merupakan olahraga yang populer. Ia punya "gairah" terhadap kriket, dan aktif mengikuti kompetisi sejak masih duduk di bangku sekolah. Baginya kriket bukan hanya sekadar permainan atau olahraga.

"Saya pikir bermain kriket mengajari saya lebih lanjut tentang bekerja dalam tim dan kepemimpinan yang telah tinggal dengan saya sepanjang karier saya," katanya.

Nadella lahir di Hyderabad, India, pada 1967. Ia mengemban studi teknik elektro di Universitas Mangalore, India, dan akhirnya memutuskan pindah ke Amerika Serikat, lalu mendapat gelar MS dalam bidang ilmu komputer di Universitas Wisconsin, dan gelar MBA dari Sekolah Bisnis Universitas Chicago.

Ia merupakan salah satu veteran di Microsoft, telah bekerja selama 22 tahun, sejak 1992. Sebelum itu, pria 46 tahun ini bekerja untuk Sun Microsystems, yang merupakan salah satu kompetitor Microsoft.

Karier di Microsoft

Karier Nadella di Microsoft dimulai ketika ia bekerja untuk layanan online Microsoft. Ia memegang sejumlah peran penting, termasuk ikut mengembangkan perangkat lunak perkantoran Office, bahkan mesin pencari Bing.

Yang paling penting, ia telah berperan mengubah bisnis komputasi awan, sebelum memimpin unit bisnis server dan tools.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.