Korea Utara Bikin Sistem Operasi Mirip "Mac OS"

Kompas.com - 05/02/2014, 16:52 WIB
Ilustrasi WiredIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com — Siapa sangka, negeri komunis Korea Utara (Korut) ternyata sudah mampu mengembangkan sistem operasi komputer "Mac OS". Maksudnya, sistem operasi yang bersangkutan memiliki antarmuka yang sangat mirip dengan OS besutan Apple tersebut.

Sebagaimana terlihat dari screenshot di bawah yang dikutip oleh PC World, OS bernama Red Star Linux versi 3.0 itu menjiplak mentah-mentah tampilan Mac OS X. Antarmuka baru ini menggantikan interface ala desktop Windows 7 yang sebelumnya dipakai oleh Red Star Linux versi 2.0.

Tangkapan layar tersebut diedarkan oleh Will Scott, seorang ilmuwan komputer yang baru-baru ini menghabiskan waktu satu semester untuk mengajar mahasiswa Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pyongyang, perguruan tinggi pertama di Korut yang didanai pihak asing dan mendatangkan pengajar dari luar negeri.

PC World
Tampilan antarmuka Red Star Linux 3.0

Scott menjelaskan bahwa dia membeli software Red Star Linux 3.0 di kota Pyongyang yang merupakan ibu kota Korut. Screenshot yang disajikan di sini merupakan versi asli tanpa modifikasi apa pun.

Red Star Linux sendiri mulai dikembangkan oleh Pusat Komputer Korea (KCC) sekitar 10 tahun lalu. Versi 3.0 dari software ini dirilis pertengahan tahun lalu, sementara versi 2.0 sudah berumur tiga tahun.

OS Red Star Linux dilengkapi aplikasi emulator aplikasi Windows (Wine), ada pula browser berbasis Mozilla yang dinamai ulang sebagai "Naenara" atau "Negaraku".

Walau tidak terhubung ke jaringan internet global, warga Korut memang masih bisa mengakses intranet berskala nasional yang tersedia melalui komputer di perpustakaan umum dan perguruan tinggi. Intranet ini berisi situs milik institusi lokal yang dijejali materi edukasi seperti makalah dan buku, serta propaganda pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PCWorld
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.