Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji CEO Baru Microsoft?

Kompas.com - 06/02/2014, 09:59 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber PCWorld
KOMPAS.com — Pencarian CEO baru Microsoft akhirnya berakhir pada Selasa (4/2/2014). Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia itu menunjuk Satya Nadella sebagai CEO baru, dan rela menggaji mahal pria 46 tahun asal India tersebut.

Microsoft mengungkapkan, Nadella akan mendapatkan gaji sebesar 1,2 juta dollar AS (atau sekitar Rp 14,6 miliar) untuk satu tahun pertamanya sebagai CEO.

Jika dirata-rata, setiap bulannya Nadella akan mendapat 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,219 miliar).

Gaji Nadella saat ini jauh di atas gaji CEO Microsoft sebelumnya, Steve Ballmer, yang menerima 700.000 dollar AS (atau sekitar Rp 8,5 miliar) per tahun. PCWorld mencatat, Ballmer memang meminta gaji yang relatif rendah dari Microsoft, bahkan, di bawah rata-rata gaji para CEO di perusahaan sejenis.

Selain gaji, Microsoft menjelaskan bahwa Nadella juga akan menerima bonus uang tunai yang nilainya mencapai 3,6 juta dollar AS, tergantung pada kinerja bisnis Microsoft. Ia juga mendapat hadiah saham Microsoft senilai 13,2 juta dollar AS yang dimulai pada tahun fiskal 2015.

Sebelumnya, saat menjabat sebagai executive vice president of cloud and enterprise Microsoft, Nadella menerima gaji sebesar 675.000 dollar AS per tahun.

Pada 2013 lalu, ia menerima bonus uang tunai 1,6 juta dollar AS berkat kinerja unit bisnis komputasi awan dan korporasi yang mengalami pertumbuhan lebih dari 9 persen setahun, berkat bisnis SQL Server dan Windows Server.

Nadella, yang lahir di Hyderabad, India, pada 1967, akan memimpin Microsoft secepatnya. Sambil melangkah ke peran barunya sebagai CEO, Nadella meminta sang pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai penasihat teknologi yang akan sering berhubungan dengan tim produk.

Nadella telah bekerja untuk Microsoft selama 22 tahun, sejak 1992. Namanya dikreditkan sebagai salah seorang yang turut mengembangkan berbagai layanan Microsoft, termasuk produk Azure.

Sebagai nakhoda Microsoft, Nadella punya banyak tugas besar. Ia harus mempertahankan bisnis yang selama ini mendatangkan banyak keuntungan, turut meningkatkan penjualan komputer pribadi berbasis Windows, serta menjawab tantangan atas tren perangkat mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber PCWorld
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com