Pesan "Blue Bird" Kini Bisa dari Windows 8

Kompas.com - 06/02/2014, 12:38 WIB
Presiden Direktur Blue BIrd Group Noni Purnomo (Kiri), Windows Business Group Head Microsoft Lucky Gani (tengah) dan Senior Manager Blue Bird Tony Andrianto dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/1/2014) oik yusuf/ kompas.comPresiden Direktur Blue BIrd Group Noni Purnomo (Kiri), Windows Business Group Head Microsoft Lucky Gani (tengah) dan Senior Manager Blue Bird Tony Andrianto dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/1/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Presiden Direktur Blue BIrd Group Noni Purnomo (Kiri), Windows Business Group Head Microsoft Lucky Gani (tengah) dan Senior Manager Blue Bird Tony Andrianto dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/1/2014)

KOMPAS.com - Pesan taksi Blue Bird sekarang bisa dilakukan lewat PC desktop, tanpa harus susah payah menunggu telepon tersambung ke operator. Perusahaan Blue Bird Group yang menggelar jasa transportasi tersebut kini telah menyediakan aplikasi pemesanan taksi untuk platform PC dan tablet berbasis Windows 8.

Aplikasi bernama Blue Bird Taxi Mobile Reservation itu diklaim bisa menghemat waktu serta biaya pembicaraan dibandingkan memesan lewat telepon. Di samping itu, Presiden Direktur Blue Bird Noni Purnomo menjelaskan bahwa pelanggan juga bisa melacak posisi taksi yang telah terkonfirmasi mengambil pesanan.

"Nomor taksi yang di-assign juga akan muncul, lalu posisinya, sehingga pengguna bisa terus melacak keberadaan taksi," ujar Noni dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/1/2014).

Pemesanan pada Blue Bird Taxi Mobile Reservation bekerja dengan memanfaatkan perangkat GPS yang terpasang pada taksi. Secara otomatis, sistem akan mencari taksi mana yang paling dekat dengan posisi pemesan, lalu menyampaikan order pelanggan ke konsol taksi yang bersangkutan agar dikonfirmasi oleh pengemudi.

Pengemudi taksi kemudian diberi waktu 20 detik untuk mengkonfirmasi pengambilan pesanan. Apabila tidak direspon, maka pesanan akan dilempar ke taksi berikutnya yang ada di sekitar lokasi. Begitu seterusnya sampai dapat.

Kendati memanfaatkan metode yang lebih canggih dibandingkan cara pemesanan konvensional melalui telepon, Noni mengingatkan bahwa ketersediaan taksi tetap tak bisa dijamin sepenuhnya. "Tergantung jam dan kondisi juga. Misalnya Jumat sore, hujan, saya sendiri saja belum tentu dapat," imbuhnya.

Paling banyak BlackBerry

Sebelum hadir di PC dan tablet Windows 8, aplikasi pemesanan taksi Blue Bird telah lebih dulu singgah di sejumlah platform mobile populer, seperti Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone. Hingga kini, Noni mengaku telah mencatat angka download lebih dari 530.000 untuk aplikasinya di semua platform.

Pelanggan pun telah mulai aktif memesan taksi lewat aplikasi, walau jumlahnya masih belum sebanyak pesanan yang masuk lewat jalur telepon. "Tiap harinya hami mendapat 25 hingga 30 ribu order. Dari jumlah itu, 6.000 di antaranya datang dari aplikasi," jelas Noni.

Adapun order terbesar diakuinya datang dari pengguna smartphone BlackBerry, yang menyumbang 45 persen dari 6 ribu pesanan taksi lewat aplikasi. "Tapi itu karena platform tersebut lebih awal mendapat aplikasinya," ujar Noni. Adapun PC dan tablet Windows 8 disebutnya baru mencatat angka 4 persen dari seluruh pesanan aplikasi.

Blue Bird Taxi Mobile Reservation kini baru tersedia di kota Jakarta, Medan, dan Semarang, dikarenakan dukungan infrastruktur telekomunikasi yang dipandang memadai. Ke depannya, Blue Bird berencana menghadirkan layanan serupa di kota-kota lain.

Noni juga menjelaskan bahwa pihaknya tengah bereksperimen dengan mobile payment. Di Bali, misalnya, pesanan taksi bisa dibayar dengan XL Tunai. Dia berharap bisa mengembangkan sistem pembayaran ini lebih lanjut untuk memudahkan pengguna. "Kami malah ingin kerjasama dengan semua operator seluler, nantinya kami juga akan pasang mesin-mesin debit di taksi reguler," tandas Noni.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X