Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Resmi Lepas Bisnis PC Vaio

Kompas.com - 06/02/2014, 15:35 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.comSony akhirnya menyerah "bermain" di pasar bisnis komputer pribadi. Perusahaan asal Jepang tersebut telah memutuskan untuk menjual unit bisnis Vaio, produk komputer pribadi Sony, kepada perusahaan investasi Japan Industrial Partners (JIP).

Tidak disebutkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh JIP untuk memboyong unit bisnis tersebut. Namun, beberapa waktu lalu, harian Nikkei memperkirakan, JIP harus merogoh kocek setidaknya hingga 490 juta dollar AS.

Proses akuisisi tersebut diyakini sudah akan selesai pada Maret 2014 mendatang. Setelah selesai, JIP, dengan sedikit bantuan dari Sony, akan mendirikan sebuah perusahaan baru untuk menjalankan bisnis komputer pribadi ini.

Sony akan tetap memiliki saham di perusahaan tersebut, meskipun tidak terlalu besar, hanya sekitar 5 persen.

Pihak JIP sendiri berencana untuk menarik sekitar 250 hingga 300 karyawan Sony untuk bekerja di perusahaan baru ini. Nantinya, perusahaan baru tersebut akan berkonsentrasi menjual komputer pribadi untuk kelas korporat dan konsumen di pasar Jepang, sambil mencari strategi mengembangkan sayap ke pasar internasional.

Karyawan yang tidak terpilih untuk "dipinang" perusahaan baru tersebut akan dipindah ke divisi lain dari Sony. Sisanya, akan ditawari program pensiun dini.

Sony sendiri berencana untuk memberhentikan sekitar 5.000 karyawan hingga akhir tahun 2014. Secara rinci, 1.500 karyawan berasal dari Jepang dan 3.500 karyawan sisanya berasal dari Sony global.

Dengan pemotongan tenaga kerja ini, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/2/2014), Sony berharap dapat memotong 100 miliar yen dari biaya operasional tahun ini.

Setelah proses penjualan unit bisnis Vaio selesai, Sony akan fokus ke unit bisnis perangkat mobile, termasuk ponsel pintar keluarga Xperia yang mengusung sistem operasi Android.

Vaio diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1996 lalu. Vaio sendiri merupakan singkatan dari "Video Audio Integrated Operation" dan "Visual Audio Intelligent Organizer".

Produk Vaio selama ini identik dikenal sebagai komputer pribadi kelas atas yang memiliki desain yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com