iPhone 4 "Dihidupkan Kembali" untuk Indonesia?

Kompas.com - 07/02/2014, 10:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - iPhone 4 sudah ditarik dari peredaran sehingga sulit ditemukan dalam keadaan baru. Namun, tak lama lagi mungkin ponsel pintar besutan Apple tersebut akan kembali dijual di Indonesia.

Itu karena Apple dikabarkan berniat menggunakan smartphone lawas itu sebagai senjata untuk meraih pangsa pasar di tiga negara. Selain Indonesia, dua negara lainnya adalah Brazil dan India.

Dikutip dari ZDNet, Jumat (7/2/2014) langkah ini agaknya dipicu oleh penurunan pangsa pasar Apple di wilayah pasar-pasar tersebut karena tidak adanya model low-end yang mengakomodir segmen bawah. Pengguna kelas budget lantas beralih ke perangkat buatan produsen lain, seperti Samsung.

Foxconn, raksasa manufaktur China yang menjadi rekanan Apple, dilaporkan telah kembali memproduksi iPhone 4. Sejumlah iPhone 4 yang dikapalkan ke India baru-baru ini memuat keterangan waktu produksi bulan Desember 2013, beberapa bulan setelah iPhone 4 berhenti beredar.

Apabila Apple benar memproduksi kembali iPhone 4, ini merupakan kali pertama produsen gadget itu "menghidupkan kembali" model lama yang seharusnya sudah tak beredar.

Produksi iPhone 4 diumumkan berhenti pada September 2013 menyusul peluncuran iPhone 5S dan 5C. Akan tetapi, dua smartphone baru andalan Apple itu dibanderol dengan harga yang relatif tinggi untuk pasar negara-negara berkembang.

Beberapa negara lain juga masih menawarkan iPhone model lawas. Beberapa retailer di Indonesia, masih menjual iPhone 4 versi 8 GB dengan harga Rp 3,8 juta.

Toko Apple di China, misalnya, masih menyediakan iPhone 4S dan iPhone 4, sementara di Singapura toko Apple tetap menjual iPhone 4S.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ZDNet


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.