Kompas.com - 07/02/2014, 10:53 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tanpa ada yang bisa memprediksi sebelumnya, game Flappy Bird telah berubah menjadi fenomena baru di dunia mobile. Aplikasi game yang grafis dan gameplay yang sangat sederhana ini telah membuat para pemainnya ketagihan untuk terus memainkannya.

Aplikasi game ini sendiri telah bisa diunduh secara cuma-cuma di dua platform mobile teratas saat ini, yaitu Android dan iOS.

Bagaimana dengan platform lainnya? Beberapa waktu lalu, Dong Nguyen, sang pengembang Flappy Bird asal Vietnam, pernah berjanji untuk segera menelurkan game tersebut di platform buatan Microsoft, yaitu Windows Phone.

Saat itu, ia berjanji untuk menghadirkan game tersebut di Windows Phone setidaknya dalam waktu "10 hari" sejak tanggal pengumuman pada 1 Februari lalu.

Namun, sebelum tanggal yang dijanjikan tiba, sudah mulai bermunculan aplikasi kloningan Flappy Bird di Windows Phone Store. 

Aplikasi ini terlihat asli, tetapi sebenarnya "aspal" alias palsu. Aplikasi yang juga bernama Flappy Bird ini menggunakan tampilan 8-bit dan juga gameplay sama persis dengan game sebenarnya. Ia pun bisa diunduh secara gratis.

Kedua aplikasi tersebut bisa dibedakan melalui informasi pihak pengembang dan besar file instalasi. Flappy Bird original dijual dan dikembangkan oleh Dong Nguyen melalui developer GEARS Studios. File instalasinya sebesar 2,4 MB untuk versi iOS dan 894 kb untuk versi Android.

Sementara, Flappy Bird kloningan di Windows Phone dirilis oleh IG Mobile dan memiliki file instalasi sebesar 1 MB.

Uniknya, tampaknya Nguyen tidak bermasalah dengan adanya game kopian ini. Melalui akun Twitter pribadinya, Nguyen malah mengungkapkan bahwa game kloningan tersebut tidaklah berbahaya.

"Itu (game kloning) tidak akan membuat kerusakan apapun," kicau Nguyen, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (7/2/2014).

Flappy Bird sendiri merupakan game di mana pemain mengendalikan laju terbang seekor burung melalui celah di antara dua pipa berwana hijau. Burung harus diterbangkan melewati pipa dengan cara mengetuk layar. Ritme dan timing harus diatur sedemikian rupa agar si burung tak membentur pipa atau jatuh ke tanah dan "game over".

Setelah berhasil melalui sebuah celah pipa, pengguna akan mendapat skor "1", lalu pipa-pipa lainnya akan segera menyusul. Begitu seterusnya tanpa akhir ataupun jalan cerita.

Walau terdengar mudah, Flappy Bird ternyata sangat sulit dimainkan. Namun justru itu yang menjadi daya tariknya. Pemain akan ketagihan dan terus menerus mencoba agar mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Pemain bisa membagikan skor mereka lewat pesan singkat (SMS), e-mail, serta Facebook dan Twitter. Mendapatkan skor tinggi boleh jadi merupakan kebanggaan tersendiri karena Flappy Bird merupakan salah satu game tersulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.