Akhirnya, Beli Aplikasi Android Bisa Pakai Rupiah

Kompas.com - 07/02/2014, 13:10 WIB
Kini, Google Play Store sudah mendukung mata uang Rupiah Google Play StoreKini, Google Play Store sudah mendukung mata uang Rupiah
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google baru saja memperbarui aplikasi toko digital Play Store. Dalam pembaruan tersebut, Google telah mengizinkan pengguna Android di Indonesia membeli aplikasi dengan menggunakan mata uang Rupiah.

Sebelumnya, untuk mengunduh aplikasi berbayar, pengguna hanya bisa menggunakan mata uang Dollar AS.

Selain itu, Google juga telah membuka akses untuk para pengembang aplikasi (developer) di 25 negara, termasuk Indonesia, untuk menjual aplikasi mereka dalam mata uang lokal.

Ada beberapa keuntungan dari penerapan mata uang lokal ini. Kini, pengguna sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mengonversikan kurs Dollar ke Rupiah saat ingin membeli aplikasi.

Keuntungan lainnya, harga aplikasi akan tetap, tidak berubah mengikuti fluktuasi mata uang.

Selain Indonesia, negara-negara yang sudah menggunakan mata uang lokal di Google Play Store adalah Australia, Bolivia, Bulgaria, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Mesir, Latvia, Libanon, Lithuania, Malaysia, Moroko, Pakistan, Peru, Filipina, Rumania, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Venezuela, dan Vietnam.

Adapun dalam pembaruan kali ini, masih belum ada pilihan sistem pembayaran lainnya. Pengguna diharuskan untuk menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah aplikasi. Tentu proses ini cukup menyulitkan, mengingat belum semua pengguna gadget Android belum memiliki kartu kredit.

Selain Google Play Store, toko aplikasi Apple App Store dan juga iTunes juga sudah menjual berbagai konten, seperti aplikasi, musik, dan film, dalam mata uang Rupiah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X