Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Window XP Dimatikan, Windows 8 Bakal Laku?

Kompas.com - 08/02/2014, 10:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Tampilan Windows 8.1 update 1.

KOMPAS.com — Ajal Windows XP yang kian mendekat sekaligus menyediakan peluang bagi para produsen PC dan tablet untuk mendongkrak penjualan perangkat berbasis Windows 8.

Tapi, Canalys berpendapat sebaliknya. Firma riset ini mengatakan bahwa kematian Windows XP tak akan mendorong pertumbuhan Windows 8 karena kebanyakan perusahaan yang memperbarui komputer-komputernya justru akan beralih ke perangkat berbasis Windows 7.

"Permintaan atas PC meningkat karena kalangan bisnis harus bermigrasi dari Windows XP. Tapi Windows 8 tak akan diuntungkan secara signifikan karena banyak yang akan memilih Windows 7 yang lebih aman," tulis Canalys dalam laporannya yang dikutip oleh BGR.

PC Windows 7 memang masih dijual. Minggu lalu misalnya, Hewlett Packard (HP) menjual kembali PC berbasis Windows 7 karena "permintaan yang tinggi".

Sejak diluncurkan pada Oktober 2012, sistem operasi Windows 8 tak kunjung berhasil menarik pengguna Windows untuk beralih. Berdasarkan laporan Net Applications, hingga Januari lalu pangsa pengguna global Windows 8 dan 8.1 baru mencapai 10,6 persen, dibandingkan Windows XP yang sebesar 29,2 persen.

Microsoft sendiri tampaknya menyadari bahwa Windows 8 dengan tampilan serba barunya telah mengasingkan para pengguna PC yang telah terbiasa dengan interface ala Windows terdahulu.

Raksasa software tersebut kini dilaporkan bakal mengembalikan antarmuka Windows tradisional melalui upgrade yang dijadwalkan rilis pada 2015.

Sebelum itu terjadi, Canalys memprediksi bahwa PC berbasis Windows 7 akan mencatat penjualan tinggi pada tahun ini. Departemen TI di perusahaan-perusahaan yang pindah dari Windows XP pun diperkirakan bakal melirik tablet berbasis iOS dan Android.

"Konsumen semakin terbuka terhadap alternatif Windows, dan perangkat-perangkat terjangkau dari Google memperoleh manfaatnya," ujar analis Canalys Pin Chen Tang. "Android kini adalah OS paling populer di segmen mobile dan para vendor PC telah menunjukkan ketertarikan terhadap Chromebook, terutama di sektor pendidikan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com