Kompas.com - 09/02/2014, 07:51 WIB
|
EditorWicak Hidayat
SEMINYAK, KOMPAS.com Smartfren terbilang sukses menjadi operator telekomunikasi yang memasarkan perangkat pintar berbasis Android.

Dalam media trip yang dilakukan di Seminyak, Bali, Head of Smartphone PT Smartfren Telecom Sukaca Purwokardjono mengatakan, tingkat aktivasi perangkat mereka pada kuartal keempat 2013 mencapai lebih dari 600.000.

Angka itu, menurutnya menempatkan Smartfren pada posisi kedua perangkat paling populer di Indonesia. Di bawah Samsung, yang masih merajai pasar, dan melampaui BlackBerry.

Sepanjang 2013, Smartfren pun disebut telah mencatatkan penjualan lebih dari 1,2 juta unit ponsel seri Andromax. Pencapaian yang menarik mengingat pada dasarnya Smartfren merupakan operator telekomunikasi dan bukan produsen handset.

Sukaca mengatakan, popularitas Andromax bahkan telah mengundang peminat dari luar Indonesia. "Kami dihubungi oleh pihak-pihak di luar negeri yang menawarkan untuk menjual Andromax di sana," ujar Sukaca.

Menurutnya, tentu saja hal itu tidak langsung ditanggapi oleh Smartfren. Meskipun sebuah peluang bisnis, tetap saja inti dari perusahaan tersebut adalah menyediakan layanan telekomunikasi.

Sukaca mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya ekspansi bisnis ke luar negeri. Namun, hal itu butuh kajian yang panjang.

Memasuki tahun 2014, Smartfren mengatakan akan lebih menguatkan upaya mereka pada smartphone. Ada enam lini utama Andromax yang akan menjadi andalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.