Kompas.com - 09/02/2014, 08:10 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Dong Nguyen, pembuat game "Flappy Bird" yang belum lama ini meraih popularitas tinggi, mengatakan akan mencabut game tersebut dari peredaran.

"Saya minta maaf, pengguna Flappy Bird, 22 jam dari sekarang, saya akan mencabut Flappy Bird. Saya sudah tidak tahan lagi." Demikian tweet yang dituliskan Nguyen lewat akun @dongatory yang dikutip TheVerge.

Jika merujuk waktu Nguyen menulis tweet tersebut berarti Flappy Bird akan menghilang atau ditarik dari Google Play Store dan Apple App Store mulai Senin (10/2/2014) pukul 00.00 WIB.

Melalui akun tersebut, Nguyen tidak memaparkan alasannya secara rinci. Hanya saja, ia menampik beberapa spekulasi bahwa pencabutan ini terkait alasan legal dan bisnis.

Pencabutan game itu, tulisnya, bukan karena masalah legal. "Ini tidak ada hubungannya dengan isu legal. Saya hanya sudah tak bisa tahan lagi," tulisnya.

Ia juga mengatakan, game itu tidak dijual. "Saya juga tidak menjual Flappy Bird, jadi jangan tanyakan (soal itu)," tukas Nguyen.

Game dengan gaya 8-bit itu meningkat popularitasnya secara dramatis pada awal Februari 2014. Meskipun game itu sebenarnya sudah ada sejak 2013.

Game itu terkenal sebagai game yang sulit untuk dimainkan, tetapi memiliki sistem kendali yang sangat-sangat sederhana. Pemain hanya perlu menyentuh layar berkali-kali untuk menjaga momentum terbang seekor burung agar bisa melewati rintangan pipa-pipa hijau.

"Saya bisa menyebut Flappy Bird sebagai salah satu kesuksesan saya. Tetapi, ia juga merusak hidup saya yang sederhana. Jadi sekarang saya membencinya," tulis Nguyen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.