Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antarmuka Galaxy S5 Kok Mirip iOS7?

Kompas.com - 09/02/2014, 10:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Grafis yang menggambarkan tampilan Galaxy S5

KOMPAS.com - Bocoran antarmuka baru ala Galaxy S5 kembali mengemuka. Kali ini memperlihatkan tampulan sejumlah aplikasi yang berjalan di perangkat smartphone andalan baru dari Samsung tersebut.

Dari gambar-gambar yang diedarkan oleh situs SamMobile tersebut, tampak Samsung mengadopsi gaya antarmuka "flat" dan sederhana dengan warna-warna polos, minim gradasi atau elemen visual lain.

BGR Bocoran antarmuka aplikasi S Voice di Galaxy S5

Beberapa pihak menilai tampilan tersebut mirip dengan yang diterapkan Apple pada iOS7. Business Insider, misalnya, mengambil contoh aplikasi Samsung S Health. Sementara, BGR menyoroti aplikasi S Voice yang baru.


Tampilan antarmuka yang "flat" diterapkan Apple pada iOS 7 yang dirilis bersama dengan iPhone 5S dan 5C September 2013. iOS 7 merupakan sistem operasi mobile pertama Apple yang ditangani oleh kepala desain perusahaan tersebut, Jony Ive.

Namun Apple bukan produsen mobile yang pertama mengusung tampilan semacam itu. Jauh sebelum iOS 7 meluncur, Microsoft telah lebih dulu menerapkan konsep ini pada antarmuka sistem operasi Windows Phone miliknya.

Business Insider Bocoran antarmuka apalikasi S Health di Galaxy S5


Sekarang, tampilan flat agaknya telah menjadi tren baru untuk aplikasi-aplikasi mobile. Di platform iOS 7, misalnya, banyak pengembang pihak ketiga yang mendesain ulang aplikasinya agar memiliki penampilan yang senada dengan sistem operasi itu.

Akan halnya Samsung Galaxy S5, tak diketahui apakah gambar-gambar screenshot di atas benar-benar berasal dari perangkat tersebut atau bukan. Jawabannya mungkin akan diperoleh menjelang akhir Februari 2014, saat Samsung diprediksi akan mengenalkan Galaxy S5 secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com